Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

45 Ucapan Maaf Menjelang Ramadhan 2024, Penuh Kata-kata Tulus untuk Sambut Bulan Suci

Kompas.com - 10/03/2024, 18:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saling mengucapkan maaf menjelang Ramadhan 2024 diharapkan dapat menjadi awal yang baik untuk menjalani ibadah puasa wajib di bulan suci.

Selama kurang lebih satu bulan, umat Islam di seluruh dunia akan berlomba-lomba mengumpulkan pahala serta meningkatkan keimanan dan takwa.

Oleh karena itu, Muslim dapat mengirimkan permintaan maaf kepada keluarga, teman, dan sesama manusia agar dapat menjalankan ibadah dengan hati yang lapang dan bersih.

Simak ucapan maaf menjelang Ramadhan 2024 yang penuh kata-kata tulus untuk menyambut bulan penuh berkah berikut:

Baca juga: 45 Poster Ramadhan 2024 untuk Sambut Bulan Suci, Marhaban ya Ramadhan


Ucapan maaf menjelang Ramadhan 2024

Dihimpun dari Kontan, Selasa (5/3/2024) dan Kompas TV, Kamis (7/3/2024), berikut kumpulan kata-kata atau ucapan maaf untuk dibagikan sebelum menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1445 Hijriah:

  1. Ramadhan akan datang sebentar lagi, kami segenap keluarga besar mengucapkan mohon maaf lahir batin. Semoga kita diberi umur panjang untuk bisa beribadah sampai penghujung bulan Ramadhan 2024.
  2. Kesalahanku padamu sudah seperti lautan. Tidak ada hal lain yang bisa kulakukan selain meminta maaf. Semoga jelang memasuki bulan suci ini kita senantiasa diberi kesehatan.
  3. Hai saudaraku, mohon maaf lahir dan batin karena selama ini sering berbuat salah baik yang disengaja maupun tidak disengaja. Semoga kita bisa melewati bulan Ramadhan 1445 H ini dengan menuai keberkahan.
  4. Tidak ada yang seputih susu dan sebersih salju. Menjelang bulan suci Ramadhan 2024 ini, saya memohon maaf lahir batin.
  5. Mohon dimaafkan segala khilaf selama ini. Semoga kita bisa menjalani Ramadhan 2024 dengan penuh kerendahan hati.
  6. Bila hati saling terpaut, rasa cinta terjalin indah. Bila salah dan khilaf terjadi, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa wajib 2024.
  7. Selagi masih ada kesempatan, selagi masih ada umur, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang diperbuat. Semoga di Ramadhan 1445 H ini kita mendapat ampunan dari Allah Yang Maha Pengampun. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  8. Jika semua harta adalah racun, maka zakatlah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobatlah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadhanlah pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa.
  9. Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati. Selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadhan, mohon maafkan lahir juga batin.
  10. Andai jemari tak sempat berjabat. Jika raga tak bisa bersua. Bila ada kata membekas luka. Semoga pintu maaf masih terbuka. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 2024.
  11. Salah adalah sifat dasar manusia. Tak ada manusia yang tidak pernah berbuat salah. Jelang Ramadhan, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah diperbuat.
  12. Gersang bumi tanpa hujan. Gersang akal tanpa ilmu. Gersang hati tanpa iman. Gersang jiwa tanpa amal. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  13. Bila ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan, selamat menunaikan ibadah puasa.
  14. Bulan berkah hampir tiba, jiwa dan hati akan kembali bersih di bulan suci ini. Mohon maaf lahir dan batin.
  15. Di ambang Ramadhan, mari bersihkan hati dan jiwa dari segala kesalahan dan dendam, memohon maaf untuk memulai bulan suci dengan damai. Selamat menunaikan ibadah puasa!
  16. Jangan sesalkan perpisahan jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.
  17. Daku rindu bulan Ramadhan-Mu, dan Engkau beri kesempatan di bulan ini kepadaku. Mohon ampun atas segala dosaku, mohon maaf atas segala khilafku, semoga kita dilimpahkan banyak rahmat-Mu.
  18. Semoga puasaku, puasamu, dan semua ibadah dan amal kebaikan kita semua diterima oleh Allah Taala, dan semua dosa kita diampuni oleh-Nya. Aamiin. Mohon maaf lahir dan batin, selamat menunaikan ibadah puasa.
  19. Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  20. Saat Ramadhan semakin dekat, mari kita saling memaafkan, memperbarui niat, serta bersama-sama mempersiapkan diri untuk bulan yang penuh rahmat. Mohon maaf lahir dan batin.
  21. Marhaban ya Ramadhan! Pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah tolong betulkan. Puasa Ramadhan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat menunaikan ibadah puasa 2024.
  22. Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadhan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  23. Sucikan hati, sucikan jiwa, dan bersihkan pikiran. Marhaban ya Ramadhan, mohon maafkan semua khilaf selama ini. Selamat berpuasa.
  24. Tiada amal tanpa keikhlasan, tiada ampunan tanpa maaf dari sesama. Mohon maaf lahir batin. Marhaban ya Ramadhan, selamat datang Ramadhan 1445 Hijriah.
  25. Napas pun menjadi tasbih, tidur pun menjadi ibadah. Amal diterima dan doa-doa dijabah, semoga kita pun mendapat berkah. Mohon maaf lahir dan batin saudaraku. Selamat menunaikan ibadah puasa 2024.
  26. Bulan Ramadhan adalah bulan yang mulia dan istimewa. Di bulan ini pintu surga dibuka lebar-lebar, pintu neraka ditutup rapat-rapat, dan setan-setan dibelenggu kuat-kuat. Mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan beribadah sebaik-baiknya. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kesalahan kata dan perbuatan.
  27. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 2024/1445 H! Semoga Allah SWT menerima amalan kita di bulan suci ini dan memberikan kita kemudahan dalam menjalankannya. Mohon maaf lahir dan batin atas segala sikap dan perkataan yang tidak berkenan di hati.
  28. Marhaban ya Ramadhan. Bulan suci yang penuh berkah dan maghfirah dari Allah SWT telah tiba kembali. Mari kita sambut dengan gembira dan bersyukur serta memperbanyak ibadah di bulan ini agar kita mendapatkan rida-Nya. Mohon maaf lahir dan batin atas segala caci maki dan fitnah.
  29. Selamat datang bulan Ramadhan. Bulan penuh rahmat dan ampunan dari Allah SWT. Mari kita bersihkan hati dan jiwa kita dari segala noda dosa dengan berpuasa dan beramal saleh. Mohon maaf lahir dan batin atas segala kekurangan dan kesalahan.
  30. Marhaban ya Ramadhan! Semoga di bulan suci ini kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan penuh khusyuk dan istikamah. Mohon maaf lahir dan batin atas segala khilaf dan salah.
  31. Semoga Allah menyelamatkan kita semua dari godaan setan dan berkah dari Allah SWT melindungi dan membimbing kita semua. Semoga kita semua dilimpahi Ramadhan yang damai dan bahagia! Selamat menjalani ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin.
  32. Ramadhan Kareem! Semoga iman kita dikuatkan dengan semangat Ramadhan. Semoga Allah memberikan kebahagiaan dan kemakmuran yang berlimpah. Mohon maaf lahir dan batin untuk menyambut bulan suci.
  33. Sahabat, di bulan Ramadhan perbanyaklah amal saleh dan sedekah. Semoga Ramadhan ini akan membawa kedamaian dan kebahagiaan dalam hidup dan keluarga kita. Maafkan pula segala perbuatan yang tak sengaja maupun sengaja kulakukan selama ini. Ramadhan mubarak 2024.
  34. Semoga keindahan Ramadhan menyentuh lubuk hati yang terdalam dan menjadikan kita umat yang paling bertakwa. Ramadhan mubarak untukmu dan keluarga! Mohon maaf lahir dan batin.
  35. Ramadhan adalah bulan penuh berkah. Ini adalah bulan mohon ampun kepada Allah dan sesama manusia. Mohon maafkan lahir dan batin. Selamat menjalani ibadah di bulan Ramadhan 2024.
  36. Semoga bulan Ramadhan ini berbuah manis. Semoga kalian menerima hadiah Ramadhan yang paling menyenangkan. Selamat Ramadhan Kareem untukmu, sobat! Mohon maaf atas kesalahan selama ini.
  37. Mencari dan memberikan pengampunan sebelum Ramadhan dapat mengangkat jiwa, memberikan ruang untuk awal yang baru dan perjalanan spiritual yang bermanfaat. Selamat berpuasa!
  38. Ramadhan adalah kesempatan untuk melepas segala kepahitan, memasuki bulan dengan penuh cinta, kedamaian, dan kebulatan hati. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan.
  39. Memaafkan adalah kunci untuk membuka keberkahan Ramadhan sepenuhnya, menciptakan landasan perdamaian, dan saling menghormati di antara semua orang. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menyambut bulan penuh berkah.
  40. Memperbarui ikatan melalui permintaan maaf sebelum Ramadhan meningkatkan esensi bulan suci, memupuk persatuan dan pertumbuhan spiritual kolektif. Untuk itu, mohon maaf lahir dan batin, selamat beribadah!
  41. Menjernihkan suasana dengan permintaan maaf yang tulus membuka jalan bagi Ramadhan yang dipenuhi dengan pengabdian yang tulus dan semangat komunitas yang diperkuat. Selamat menjalani ibadah di bulan Ramadhan 2024.
  42. Antisipasi Ramadhan berfungsi sebagai pengingat akan kekuatan pengampunan, yang penting untuk memulai perjalanan spiritual yang bermakna. Mohon maaf lahir dan batin saudaraku. Selamat menunaikan ibadah puasa 2024.
  43. Sebelum menandai awal Ramadhan, mari kita selesaikan semua konflik, memastikan bulan yang harmonis dan bermanfaat secara spiritual. Selamat menyambut Ramadhan!
  44. Malam Ramadhan menyerukan refleksi atas kesalahan masa lalu dan komitmen untuk memaafkan, menyiapkan panggung untuk bulan penuh berkah. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa 2024.
  45. Mengawali Ramadhan dengan sikap memaafkan dapat mengubah jiwa, mempersiapkannya untuk bulan penuh refleksi dan pengabdian yang mendalam. Kami segenap keluarga besar mengucapkan mohon maaf lahir batin. Selamat berpuasa!

Baca juga: Tahapan Sidang Isbat Petang Ini dan 134 Lokasi Pemantauan Hilal Ramadhan 2024

Ramadhan 2024 penuh toleransi

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin saat memberikan tausiyah (pesan) agama sebelum melaksanakan salat isya dan tarawih pada Kamis malam (13/4/2023) di Masjid Agung Baiturrahim Kota Gorontalo.KOMPAS.COM/ROSYID A AZHAR Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin saat memberikan tausiyah (pesan) agama sebelum melaksanakan salat isya dan tarawih pada Kamis malam (13/4/2023) di Masjid Agung Baiturrahim Kota Gorontalo.

Sebelumnya, Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas mengatakan, potensi perbedaan penetapan 1 Ramadhan 2024 kemungkinan akan terjadi.

Oleh karena itu, dia mengimbau agar seluruh umat Islam bisa menjaga toleransi dan persaudaraan jika terjadi perbedaan.

"Umat Islam diimbau untuk tetap menjaga ukhuwah Islamiyah dan toleransi dalam menyikapi potensi perbedaan penetapan 1 Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi," ujarnya, dikutip dari Kompas.com, Rabu (6/3/2024).

Perbedaan terjadi karena Majelis Tarjih Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah sudah menetapkan awal Ramadhan bertepatan 11 Maret 2024.

Namun, ada juga sebagian jemaah umat Islam di Tanah Air yang akan memulai ibadah puasa pada 12 Maret 2024.

Imbauan toleransi dikeluarkan secara resmi oleh Kementerian Agama melalui Surat Edaran Menteri Agama Nomor 1 Tahun 2024 yang ditujukan kepada Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama hingga tingkat kecamatan.

Edaran juga disampaikan kepada pimpinan organisasi kemasyarakatan Islam, pengurus Badan Kesejahteraan Masjid, pengurus Majelis Dai Kebangsaan, pengurus dan pengelola masjid dan musala, panitia Hari Besar Islam tingkat provinsi dan kabupaten/kota, serta Muslim.

"Umat Islam agar melaksanakan ibadah Ramadhan dan hari raya Idul Fitri sesuai dengan syariat Islam dan menjunjung tinggi nilai toleransi," tandas Yaqut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com