Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mandi Sebelum Puasa Ramadhan: Hukum, Niat, dan Tata Caranya

Kompas.com - 10/03/2024, 14:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menjelang pelaksanaan ibadah di Bulan Suci, terdapat anjuran bagi umat Islam untuk membersihkan diri dengan mandi sebelum puasa Ramadhan.

Mandi sebelum puasa Ramadhan dilakukan Muslim dengan cara mandi besar yakni bersuci dengan cara mandi beserta keramas untuk membersihkan seluruh anggota tubuh.

Kegiatan ini di beberapa wilayah juga menjadi tradisi untuk menyambut bulan suci Ramadhan. Misalnya, tradisi padusan atau kungkum di sungai, telaga, atau pantai.

Lalu, bagaimana hukum, niat, dan tata cara mandi sebelum puasa Ramadhan?

Baca juga: Kapan Sidang Isbat Awal Ramadhan 2024? Ini Jadwal dan Tahapannya


Hukum mandi sebelum puasa Ramadhan

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kementerian Agama (Kemenag), Adib menyampaikan, mandi sebelum puasa Ramadhan tidak termasuk ibadah yang wajib dilakukan umat Islam.

"Tidak ada itu (mandi sebelum puasa Ramadhan). Bukan bagian dari ibadah," ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Minggu (10/3/2024).

Senada, Ustazah Lulung Mumtaza mengatakan, mandi sebelum puasa bukanlah ibadah yang diperintahkan dan disebutkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW.

"Anjuran doang, bukan hadis. Kalau anjuran, sifatnya boleh diikuti boleh enggak," katanya saat dihubungi Kompas.com secara terpisah, Minggu.

Menurut dia, karena mandi sebelum puasa Ramadhan tidak diatur dalam hadis, tindakan tersebut tidak wajib diikuti umat Islam.

Meski begitu, Lulung menegaskan umat Islam tetap perlu membersihkan diri, menjaga kerapian, dan menjaga kesehatan menjelang Ramadhan.

Terpisah, Ustaz Muhammad Nur Maulana menyatakan orang Islam boleh saja mandi sebelum memulai puasa Ramadhan.

"Bersih-bersih diri sebelum masuk bulan suci Ramadhan tidak ada salahnya," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Minggu siang.

Maulana menjelaskan, membersihkan diri sebelum memasuki bulan suci termasuk salah satu keutamaan dalam Islam.

"Bentuk kemuliaan dan menyambut Ramadhan," kata dia.

Meski sebelum puasa Ramadhan hanya berupa anjuran, mandi besar sebelum puasa wajib dilakukan perempuan yang selesai haid maupun mereka yang sedang berhadas besar.

Baca juga: Link Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2024 Lengkap Semua Daerah di Indonesia

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com