Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral, Video Detik-detik Flyover Muara Enim Roboh Menimpa Rangkaian KA

Kompas.com - 08/03/2024, 15:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Mahardini Nur Afifah

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Video yang memperlihatkan detik-detik Kereta Api (KA) Babaranjang 3051F tertimpa bentang beton pembangunan flyover di sekitar Stasiun Penanggiran di Panang Jaya, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, ramai di media sosial.

Video tersebut diunggah oleh akun media sosial X (Twitter) @Jateng_Twit pada Kamis (7/3/2024).

Dalam unggahan video tersebut, tampak rangka jembatan di flyover runtuh mengenai rangkaian KA Babaranjang yang saat itu sedang melintas di bawahnya.

"Detik-detik KA Babaranjang 3051F tertimpa erection girder bentang beton pembangunan flyover, 7 Maret 2024 pk 11.10 di Stasiun Penanggiran. Sebanyak 4 gerbong rusak parah dan jalur kereta Prabumulih - Lahat sementara tidak dapat dilalui kereta kedua arah," tulis pengunggah.

Lantas, bagaimana kondisinya saat ini?

Baca juga: Penumpang KA Panoramic Beli Tiket Kursi D Samping Jendela tapi Dapat Lorong, Ini Kata KAI


Penjelasan KAI

Manager Humas KAI Divre III Palembang Aida Suryanti membenarkan adanya insiden dalam video tersebut.

Insiden tersebut terjadi di petak jalur KA Gunung Megang-Penanggiran di Panang Jaya, Kecamatan Gunung Megang, Kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan, Kamis (7/3/2024) pukul 11.00 WIB.

Aida mengatakan, KAI masih melakukan proses evakuasi hingga Jumat (8/3/2024) pagi.

"Proses evakuasi sarana dan prasarana di petak jalur KA Gunung Megang-Penanggiran masih dilakukan usai dampak dari robohnya girder pada pembangunan flyover Bantaian," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (8/3/2024).

Ia mengatakan, pembangunan fly over Bantaian merupakan pekerjaan Proyek Strategis Nasional, dan sedang dalam pengerjaan dari kementerian PUPR, Kamis.

Baca juga: Jadwal KA Argo Parahyangan Disebut Terus Berkurang, Terdampak Whoosh?

KAI masih melakukan proses normalisasi

Aida mengungkapkan, saat ini jalur KA antara Gunung Megang-Penanggiran masih belum normal.

Sehingga, kondisi itu menyebabkan semua KA yang akan melewati petak jalan tersebut masih terhalang sampai Jumat pagi.

Ia mengatakan, untuk KA penumpang dan KA batubara masih belum bisa beroperasi. Selain itu KA penumpang Bukti Serelo untuk keberangkatan hari ini, Jumat (8/3/2024) juga masih dibatalkan.

"Sampai pagi ini Jalur KA masih dalam proses normalisasi, evakuasi sarana dan material girder masih berlangsung di lokasi kejadian, sehingga masih belum dapat dilintasi, akibat kejadian tersebut KA Bukit Serelo relasi Kertapati-Lubuklinggau dan sebaliknya untuk keberangkatan hari ini, Jumat dibatalkan," jelas Aida.

Selain itu, Aida mengatakan bahwa calon pelanggan KA Bukit Serelo yang mengalami dampak gangguan tersebut juga telah diberitahukan adanya pembatalan melalui pesan WhatsApp Blast.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com