Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Sediakan Fitur "Connecting Train" untuk Penumpang yang Tidak Dapat Tiket di Stasiun

Kompas.com - 25/04/2024, 16:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan layanan connecting train untuk memesan tiket saat tiket kereta api (KA) tidak tersedia di stasiun keberangkatan.

Fitur connecting train KAI di Access by KAI memungkinkan penumpang untuk menemukan kereta saat tujuan perjalanan yang diinginkan tidak memiliki layanan kereta langsung.

Selain itu, fitur ini juga bisa digunakan untuk mencari alternatif jika jadwal kereta langsung tidak sesuai dengan keinginan dan menemukan kereta jika tiket kereta langsung untuk rute yang diinginkan telah habis.

"Dengan fitur connecting train di aplikasi Access by KAI, penumpang dapat menemukan alternatif untuk tetap sampai di kota tujuan dengan menggunakan tiket persambungan," kata Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus kepada Kompas.com, Kamis (25/4/2024).

Meski demikian, Joni menegaskan bahwa fitur connecting train tersebut hanya berlaku untuk pencarian jadwal kereta api antarkota.

Baca juga: Benarkah Tarif Khusus Kereta Api Tidak Berlaku di Access by KAI?


Cara menggunakan connecting train KAI

Untuk Anda yang hendak mencoba fitur connecting train KAI, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Untuk menggunakan fitur connecting train, penumpang harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi Access by KAI di Play Store atau App Store.
  • Setelah itu, buka aplikasi Access by KAI pada ponsel Anda dan login dengan akun yang sudah terdaftar. Bila belum memiliki akun, Anda bisa mendaftar terlebih dahulu dengan mengikuti petunjuk yang tersedia.
  • Setelah itu, pada halaman utama, pilih menu "Antar Kota".
  • Masukkan detail perjalanan seperti stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal, dan jumlah penumpang. Setelah itu, klik tombol "Cari Tiket Antar Kota".
  • Jika tiket yang kamu cari tidak tersedia, kamu akan melihat tombol "Connecting Train", dan klik tombol tersebut untuk melanjutkan pencarian.
  • Nantinya, sistem akan mencari tiket kereta api yang masih tersedia untuk perjalanan ke kota tujuan yang diinginkan dengan menggunakan kereta persambungan.

Selain itu, penumpang juga bisa menambahkan layanan (add ons) seperti asuransi, bagasi sepeda, dan layanan taksi Bluebird pada pemesanan tiket connecting train.

Baca juga: Penjelasan KAI soal Nomor Kursi Kereta Tambahan Yogyakarta-Gambir New Generation yang Acak-acakan

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com