Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fosil Hutan Tertua di Dunia Ditemukan, Berusia 390 Juta Tahun dengan Jejak Artropoda

Kompas.com - 08/03/2024, 11:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Publik mungkin tak asing dengan penemuan fosil dinosaurus maupun manusia purba. Namun, bagaimana dengan fosil hutan?

Beda dari fosil tanaman, fosil hutan berisikan sisa-sisa pohon, dedaunan, permukaan tanah hutan, serta tak jarang terdapat jejak makhluk hidup lainnya.

Baru-baru ini, sejumlah peneliti menemukan fosil hutan dengan pepohonan kecil seperti palem dan jejak hewan artropoda yang diyakini sebagai fosil hutan tertua di dunia.

Fosil hutan tersebut ditemukan di barat daya Inggris sebagai sisa-sisa hutan paling awal yang diketahui ada di Bumi. Diperkirakan, fosil ini berusia 390 juta tahun.

Penemuan tersebut sekaligus menggantikan posisi fosil hutan tertua di dunia yang pernah ditempati fosil hutan Gilboa di New York, Amerika Serikat dengan usia 386 juta tahun.

Baca juga: Pria Perancis Temukan Fosil Dinosaurus Berusia 70 Juta Tahun dan Merahasiakannya Selama 2 Tahun


Fosil hutan tertua di dunia

Para peneliti dari Cardiff University dan Cambridge University mempublikasikan temuan fosil hutan tertua di dunia dalam Journal of the Geological Society pada 23 Februari 2024.

Penemuan baru ini mengungkapkan keberadaan fosil hutan di barat daya Inggris yang merupakan hutan paling awal yang diketahui ada di Bumi.

Diberitakan The Times, fosil hutan tersebut ditemukan pada formasi batuan di tebing sepanjang pantai Devon dan Somerset, Inggris.

Penemuan tersebut terjadi secara kebetulan saat para peneliti awalnya bermaksud untuk memeriksa sedimen di formasi batu pasir Hangman, Inggris.

Tak diduga, mereka justru menemukan sisa-sisa hutan di antara batuan sedimen yang diteliti.

“Kami telah menemukan bebatuan yang memiliki (fosil) pohon-pohon berdiri dalam posisi pertumbuhan yang berdekatan satu sama lain di area tertentu,” kata salah satu peneliti Neil Davies, dikutip dari Live Science.

Penemuan ini sekaligus menjadi contoh keberadaan hutan paling awal yang pohon-pohonnya tumbuh berdekatan dan mengelompok menjadi hutan.

Selain itu, penemuan ini mengungkap perubahan ekologi tumbuhan karena hutan tersebut hanya ditumbuhi satu jenis tumbuhan. Ini berbeda dari temuan fosil hutan sebelumnya.

Baca juga: Fosil Capit Kepiting Terbesar yang Hidup 9 Juta Tahun Lalu Ditemukan di Selandia Baru

Isi fosil hutan purba

Ilustrasi tanaman purba cladoxylopsids [Wikimedia/Falconaumanni].Wikimedia/Falconaumanni Ilustrasi tanaman purba cladoxylopsids [Wikimedia/Falconaumanni].
Fosil hutan purba yang ditemukan diyakini berumur 390 juta tahun.

Sementara sisa-sisa hutan yang menjadi fosil berasal dari periode Devonian Tengah sekitar 393 hingga 383 juta tahun lalu.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com