Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tahun Hilang, Kenapa Malaysia Airlines MH370 Sulit Ditemukan?

Kompas.com - 07/03/2024, 15:30 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Malaysia membuka kemungkinan untuk melanjutkan kembali operasi pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370.

Pesawat tersebut dinyatakan hilang sejak 8 Maret 2014 ketika menempuh perjalanan dari Kuala Lumpur, Malaysia menuju Beijing, China.

Sebanyak 239 penumpang berada di pesawat yang dikemudikan oleh kapten Zaharie Ahmad Shah dan co-pilot Fariq Abdul Hamid tersebut.

Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke mengatakan, pemerintah Malaysia berkomitmen melakukan pencarian MH370

Ia menegaskan bahwa pencarian MH370 harus dilakukan setelah operasi dihentikan pada 2017 lalu.

"Perubahan berarti telah dilakukan untuk mencegah terulangnya tragedi ini, namun saya juga menyadari dengan jelas bahwa tugas ini masih belum selesai," ujar Loke dikutip dari CNN.

Baca juga: Pilot Veteran Australia Ungkap Teori Mengerikan di Balik Hilangnya Malaysia Airlines MH370


Mengapa MH370 sulit ditemukan

Jelang 10 tahun tragedi hilangnya MH370, Ocean Infinity yang merupakan perusahaan eksplorasi dasar laut asal AS telah mengajukan proposal guna melanjutkan pencarian MH370.

Pada 2014 lalu, pencarian MH370 melibatkan 12 negara, yakni Vietnam, Singapura, Indonesia, China, Amerika Serikat, Australia, Thailand, Filipina, Selandia Baru, Brunei Darussalam, India, dan juga Jepang. Namun, pencarian MH370 tidak membuahkan hasil.

Dilansir dari Associated Press, salah satu alasan mengapa MH370 tidak pernah ditemukan hingga kini adalah tidak ada yang tahu persis di mana pesawat ini harus dicari.

Samudra Hindia yang disebut-sebut menjadi lokasi terakhir MH370 adalah samudra terbesar ketiga di dunia.

Pencarian pesawat di lokasi tersebut menghadapi banyak rintangan karena tim pencari dihadapkan pada cuaca buruk dan kedalamannya yang mencapai 4 kilometer.

Selain itu, laut bukanlah lokasi yang umum bagi jatuhnya sebuah pesawat. Kondisi yang demikian membuat jenazah penumpang dan kru pesawat juga sulit ditemukan.

Menurut Aviation Safety Network, puluhan pesawat telah menghilang dalam 50 tahun terakhir

Baca juga: Hilang Sejak 2014, Peneliti Duga Pesawat Malaysia MH370 Berada di Barat Perth, Australia

Temuan diduga puing MH370

Selama MH370 belum diketahui keberadaannya, sejumlah puing yang diduga berasal dari pesawat ini ditemukan di beberapa lokasi.

Catatan Associated Press menunjukkan, puing yang diduga MH370 sempat ditemukan pada Juli 2015 di Pulau Reunion, Perancis di Samudra Hindia bagian barat.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com