Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Akan Larang "Screenshot" Foto Profil Pengguna Lain

Kompas.com - 29/02/2024, 07:15 WIB
Alinda Hardiantoro,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi perpesanan instan, WhatsApp meluncurkan fitur baru untuk meningkatkan privasi pengguna pada Selasa (20/2/2024).

Lima tahun lalu, WhatsApp telah menghapus opsi menyimpan foto profil pengguna lain.

Untuk tujuan yang sama, aplikasi di bawah perusahaan Meta itu pun kini mencegah pengguna mengambil tangkapan layar foto profil, dikutip dari WA Beta Info.

WhatsApp menyadari, foto profil sering kali merupakan gambar pribadi pengguna yang mungkin tidak ingin dibagikan atau disimpan oleh orang lain tanpa persetujuan mereka.

Fitur ini tersedia untuk beberapa penguji beta dan akan diluncurkan ke lebih banyak pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

Baca juga: Mengenal Format Teks Baru di Pesan WhatsApp dan Cara Pakainya

Muncul pesan peringatan

Nantinya, akan muncul menampilkan pesan peringatan ketika pengguna mencoba mengambil tangkapan layar dari gambar profil.

Dengan fitur ini, WhatsApp memberi pengguna kontrol lebih besar atas privasi dan memastikan bahwa foto profil mereka tidak dibagikan atau disimpan tanpa izin.

Dalam beberapa kasus, pengguna mungkin menggunakan foto profil orang lain untuk tujuan jahat, seperti peniruan identitas atau pelecehan.

Meskipun demikian, penting untuk diketahui bahwa tidak ada tindakan keamanan yang sepenuhnya aman.

Pasalnya, individu masih dapat menemukan metode alternatif, seperti menggunakan perangkat lain untuk mengambil gambar profil, dikutip dari Live Mint.

Baca juga: WhatsApp Bakal Bikin Fitur Berbagi File Mirip AirDrop Apple

Perlu dicatat, pengguna masih dapat menggunakan perangkat sekunder atau kamera untuk mengambil foto profil orang lain.

Namun, dengan memblokir fungsi tangkapan layar langsung di dalam aplikasi, WhatsApp berupaya mencegah pembagian foto profil secara sembarangan dan tidak sah sehingga memperkuat konsep privasi dan persetujuan pengguna.

Untuk melengkapi fitur privasi yang ditingkatkan ini, pengguna WhatsApp dapat menyesuaikan pengaturannya lebih lanjut pada menu Pengaturan Privasi.

Dengan mengendalikan siapa yang dapat melihat gambar profil, pengguna dapat secara aktif mengelola akses ke informasi pribadi dan mengurangi risiko pembagian tanpa izin.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi WA Muncul Akun Ini Tidak Diizinkan untuk Menggunakan WhatsApp

Awal bulan ini, WhatsApp meluncurkan pembaruan penting pada fitur Saluran.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk berbagi unggahan saluran melalui pembaruan status mereka.

Perluasan kemampuan ini muncul setelah adanya empat fitur tambahan terkait saluran, beberapa di antaranya telah diuji sebelumnya dalam versi beta.

Pembaruan terkini telah dikonfirmasi untuk WhatsApp versi Android dan iOS, setelah pengujian berhasil.

Meskipun pengguna telah lama terbiasa berbagi unggahan saluran dalam obrolan individu atau grup, modifikasi ini berfokus pada kemampuan untuk membagikannya dalam pembaruan status. 

Baca juga: Cara Membuat dan Membagikan Stiker AI Langsung dari WhatsApp untuk iOS dan Android

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com