Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyakit yang Bisa Dicegah dengan Konsumsi Daun Kelor

Kompas.com - 15/01/2024, 11:00 WIB
Alinda Hardiantoro,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Daun kelor sering disebut sebagai pohon ajaib atau miracle tree, karena terbukti secara ilmuan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari National Library of Medicine, daun kelor terbukti bermanfaat untuk menurunkan risiko hiperkolesterolemia, tekanan darah tinggi, dan mencegah risiko sejumlah penyakit kronis.

Manfaat daun kelor juga sudah diakui oleh Organisasi Kesehatan DUnia (WHO), sehingga menobatkannya sebagai "the miracle tree".

Lantas, apa saja penyakit yang bisa dicegah dengan konsumsi daun kelor?

Baca juga: 9 Daun untuk Menurunkan Kolesterol, Termasuk Kelor dan Pandan

Penyakit yang bisa dicegah dengan daun kelor

Berikut beberapa khasiat daun kelor untuk mencegah penyakit kronis:

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Ahli gizi di Rumah Sakit Rujukan Columbia Asia, Yeshwanthpur Pavithra N Raj mengatakan, daun kelor terbukti secara ilmiah mampu menurunkan tekanan darah.

"Daun kelor memiliki quercetin, antioksidan yang membantu menurunkan tekanan darah. Antioksidan lainnya adalah asam Klorogenat yang menstabilkan kadar gula darah," jelasnya, dilansir dari NDTV.

Menurut Pavithra, asam klorogenat yang ditemukan dalam daun kelor dapat membantu tubuh memproses gula dengan lebih baik dan juga memengaruhi insulin.

Baca juga: Khasiat Daun Kelor untuk Diabetes, Resep, dan Cara Membuatnya

2. Mencegah hiperkolesterolemia

Hiperkolesterolemia adalah kondisi berbahaya yang ditandai dengan tingginya kadar kolesterol jahat atau low density lipoprotein (LDL) dalam darah.

Dalam sebuah penelitian, ekstrak daun kelor efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat pada pasien hiperlipidemia.

Sebaliknya, ekstrak daun kelor justru meningkatkan kadar high density lipoprotein (HDL) serum dan menurunkan kadar LDL pada pasien hiperlipidemia.

Dilansir dari Science Direct, penelitian daun kelor pada kelinci selama 120 hari juga menunjukkan bahwa daun kelor mampu menurunkan total serum, fosfolipid, trigliserida, dan LDL.

Baca juga: Wajib Tahu, 5 Efek Samping Daun Kelor yang Patut Dipertimbangkan

3. Diabetes

Ekstrak daun kelor mampu menurunkan kadar gula darah dan menurunkan kadar HbA1C yang merupakan indikator keberhasilan pengobatan pada pasien diabetes melitus melalui berbagai mekanisme.

Namun, tinjauan penelitian yang dilakukan pada hewan dan manusia sebagaimana dimuat dalam Jurnal Nutrients (2019) menunjukkan bahwa penurunan kadar insulin setelah mengonsumsi daun kelor masih ambigu.

Masih dibutuhkan penelitian yang lebih terstruktur untuk memperjelas apakah daun kelor memiliki efek terhadap aktivitas insulin dalam tubuh.

Baca juga: 4 Manfaat Air Rebusan Daun Kelor untuk Kesehatan

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com