Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bolehkah Minum Teh Tawar Setiap Hari?

Kompas.com - 26/12/2023, 08:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Ahmad Naufal Dzulfaroh

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teh merupakan salah satu minuman yang paling banyak dikonsumsi di dunia.

Sebab, teh memiliki banyak manfaat dan kaya akan antioksidan yang dapat menurunkan tingkat tekanan darah, serta mengurangi stres.

Selain itu, menurut Institut Kanker Nasional Amerika Serikat, teh mengandung asam amino, karbohidrat, protein, klorofil, fluorida, aluminium, dan nutrisi lainnya yang bermanfaat untuk kesehatan.

Akan tetapi, manfaat itu tergantung dari cara penyajian teh itu sendiri.

Baca juga: Menyesal jika Baru Tahu, Ternyata Ini Manfaat Teh Serai bagi Kesehatan

Saat disajikan dengan tambahan gula, Anda mungkin tak bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal, dikutip dari Nation World News.

Namun, konsumsi teh tambahan pemanis atau bebas gula secara rutin dapat menghasilkan manfaat yang baik bagi tubuh.

Lantas, bolehkan minum teh tawar setiap hari?

Baca juga: Studi Baru: Minum Teh dan Kopi Setiap Hari Membuat Masa Tua Lebih Sehat

Bolehkah minum teh tanpa gula setiap hari?

Menurut sebuah penelitian, satu sendok gula atau pemanis buatan, tidak diperlukan untuk menikmati secangkir teh, dilansir dari The Independent.

Hal ini ditunjukan oleh para peneliti dari University College London dan University of Leeds dengan memantau 64 pria yang rutin minum teh manis selama sebulan.

Peserta diminta untuk berhenti menambahkan gula ke dalam teh mereka semalaman, secara bertahap mengurangi jumlah gula yang mereka tambahkan, atau terus minum teh manis sebagai kelompok kontrol.

Empat minggu kemudian, para peneliti menemukan, pria yang mengurangi atau berhenti mengonsumsi gula sama sekali, masih dapat menikmati minumannya.

Baca juga: 4 Manfaat Minum Teh Jahe dan Serai bagi Kesehatan, Apa Saja?

Para peneliti menyimpulkan, asupan gula berlebih merupakan masalah kesehatan masyarakat dan gula dalam minuman memberikan kontribusi besar terhadap total asupan.

Oleh karena itu, mengurangi asupan gula dari minuman dapat membantu mengurangi konsumsi secara keseluruhan.

Selain itu, mengonsumsi terlalu banyak gula dapat menyebabkan kerusakan gigi dan penambahan berat badan.

Oleh karena itu, minum teh tanpa gula setiap hari bukan menjadi masalah dan justru dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: 5 Alasan Pentingnya Minum Air Putih Sebelum Teh di Pagi Hari

Manfaat minum teh tawar setiap hari

Teh tawar sangat baik untuk mendukung kesehatan tubuh. Namun, mengonsumsinya secara berlebihan juga tidak disarankan. 

Pasalnya, terlalu banyak minum teh dapat menyebabkan masalah pencernaan, mual, kecemasan, pusing, dan beberapa efek samping lainnya.

Dikutip dari Healthline, batas minum teh yang dianjurkan yakni 3-4 cangkir atau setara 710-950 mililiter (ml) dalam sehari. 

Berikut manfaat minum teh tanpa gula setiap hari:

  • Memperkuat sistem kekebalan tubuh: Teh mengandung flavonoid dan vitamin H yang dapat memperkuat fungsi pertahanan tubuh, serta mencegah kerusakan sel.
  • Menjaga tubuh tetap terhidrasi: Minum teh secara teratur dan tanpa gula membantu tubuh tetap terhidrasi. Selain itu, melancarkan pencernaan dan mencegah kram perut.
  • Memperkuat sistem kognitif: Antioksidan dalam teh merangsang daya ingat yang baik dan melindungi otak dari penyakit seperti Alzheimer.
  • Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular: Minum teh tanpa gula dapat mencegah pembentukan pembekuan darah yang menyebabkan stroke dan serangan jantung.
  • Menurunkan berat badan: Mengonsumsi teh secara rutin membantu mengurangi lemak tubuh, terutama lemak perut. Ini kemungkinan disebabkan oleh kandungan antioksidannya.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Tidak Boleh Minum Teh Saat Perut Kosong

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com