Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Tumbuhan Endemik dan Contohnya di Indonesia

Kompas.com - 25/12/2023, 14:15 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Endemik menurut definisinya berarti sesuatu yang hanya ditemukan di tempat fisik-geografis tertentu dan tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

Dalam ekologi, ada istilah spesies endemik yang hanya ditemukan di habitat yang terbatas di sebuah wilayah, misalnya hewan atau tanaman endemik.

Mengutip laman Britannica, spesies endemik adalah spesies atau takson lain yang jangkauan geografis atau sebarannya terbatas pada satu wilayah tertentu.

Baik spesies yang hanya menghuni wilayah sangat kecil, seperti satu danau, hingga wilayah luas di seluruh benua.

Artinya, suatu spesies dianggap endemik jika tidak ditemukan di tempat lain di dunia. Mereka sering kali mempunyai adaptasi khusus yang memungkinkan mereka bertahan hidup hanya di habitat unik.

Sejalan dengan itu, tumbuhan endemik (tanaman atau flora endemik) adalah spesies tumbuhan yang hidup di wilayah geografis tertentu dan tidak ditemukan di tempat lain di dunia.

Baca juga: Keanekaragaman Hayati: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya


Contoh tumbuhan endemik di Indonesia

Dikutip dari Kompas.com (8/4/2022), berikut adalah persebaran tumbuhan endemik di Indonesia:

1. Wilayah Indonesia bagian timur

Di Indonesia bagian timur banyak ditemui pohon sagu, pohon nipah, dan hutan bakau. Beberapa tumbuhan endemik Indonesia di kawasan adalah sagu, kayu cendana, dan kayu eboni.

Baca juga: Contoh Keanekaragaman Hayati di Indonesia, Salah Satu yang Terkaya di Dunia

2. Wilayah Indonesia bagian tengah

Flora Indonesia bagian tengah merupakan daerah peralihan antara Indonesia timur dan barat. Jenis tumbuhan yang menonjol di wilayah ini adalah hutan monsun (hutan jati).

3. Wilayah Indonesia bagian barat

Tumbuhan endemik Indonesia bagian barat antara lain Rafflesia arnoldi, bunga bangkai Amorphophallus titanum, meranti, kepuh, ketapang, sawo kecik, anggrek hitam, dan rotan.

Baca juga: 5 Teknik Perkembangbiakan Vegetatif Buatan pada Tumbuhan

Pentingnya spesies endemik

Ilustrasi contoh keanekaragaman hayati di Indonesia.iStockphoto/zodebala Ilustrasi contoh keanekaragaman hayati di Indonesia.

Dilansir dari laman Biology Online, spesies endemik, termasuk tumbuhan, penting karena mereka ditemukan di beberapa lokasi yang sangat spesifik (biasanya terisolasi, jauh secara geografis).

Spesies-spesies tersebut memastikan bahwa beberapa bentuk kehidupan lainnya dapat bertahan di habitat tersebut.

Tanpa adanya kehidupan biologis, tanah akan menjadi tandus dan tidak dapat dihuni selama bertahun-tahun. Jadi, spesies endemik tersebut membuat lahan dan habitat tersebut dapat dihuni di masa depan oleh spesies lain.

Baca juga: Pengertian Hutan Hujan, Jenis, dan Contohnya

Selain itu, karena mereka hanya hidup di wilayah tersebut, mereka memperkaya keanekaragaman hayati dan membantu pemeliharaannya.

Inti penting lainnya dari spesies endemik adalah mereka menjaga spesies lain di habitatnya tetap aman dan jauh dari masalah.

Namun, sering kali mereka rentan terhadap dampak gangguan lingkungan. Akibatnya, banyak spesies endemik yang terancam punah, sehingga sangat rentan terhadap kepunahan.

Baca juga: Mengenal Nyctinasty, Kondisi di Mana Tanaman Menjadi Layu Saat Malam Hari

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Tingkat Kehilangan Hutan Primer Indonesia Turun 5 Tahun Berturut-turut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com