Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Asam Folat, Zat yang Berguna Mencegah Stunting pada Anak?

Kompas.com - 06/12/2023, 08:30 WIB
Laksmi Pradipta Amaranggana,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gibran Rakabumingraka ramai diperbincangkan di sosial media dan dikaitkan dengan asam sulfat dan asam folat.

Calon wakil presiden nomor urut 2 itu salah menyebut asam folat menjadi asam sulfat sebagai salah satu zat yang dibutuhkan ibu hamil untuk mencegah stunting

“Saya mohon maaf, saya menyebutnya asam sulfat, harusnya asam folat. Maaf, mohon dikoreksi, ya,” ungkapnya, dikutip dari Kompas.com (5/12/2023).

Akibat kesalahan tersebut, asam sulfat menjadi trending topic nomor 1 di X (sebelumnya adalah Twitter) pada Senin (4/12/2023).

Dalam cuplikan video tersebut, Gibran juga menyebutkan asam folat sebagai salah satu zat yang bisa mencegah stunting pada anak.

Baca juga: Bolehkah Vitamin B Kompleks Diminum Setiap Hari? Ini Kata Ahli UGM


Asam folat untuk mencegah stunting

Ilustrasi stuntingShutterstock/Yuganov Konstantin Ilustrasi stunting

Dilansir dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) stunting merupakan gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak karena kekurangan gizi kronis dan infeksi yang berulang.

Untuk mencegah stunting, ada berbagai cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah mengonsumsi asam folat.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di Macedonian Journal of Medical Sciences, asam folat dapat mengurangi risiko stunting pada anak usia kurang dari 2 tahun.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan, asam folat dapat mencegah potensi stunting jika diberikan pada anak usia 6 bulan.

Jika diminum oleh ibu hamil, mengonsumsi asam folat selama kehamilan secara signifikan mengurangi risiko stunting hingga 14 persen.

Asam folat yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan mencegah anemia dan kekurangan energi kronis yang dapat menyebabkan stunting. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan untuk rutin mengonsumsi asam folat.

Agar dapat merasakan manfaatnya, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mikrogram dalam bentuk tablet setiap harinya, dikutip dari laman National Health Service.

Ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi asam folat setiap hari hingga mencapai usia 12 minggu usia kehamilan.

Baca juga: Minum Suplemen Vitamin Tiap Hari Disebut Tak Baik untuk Ginjal, Benarkah?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com