Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sempat Tak Beroperasi, Kini Stasiun Cikarang-Bekasi Sudah Bisa Dilalui

Kompas.com - 25/11/2023, 20:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah perjalanan kereta api (KA) dan commuter line mengalami keterlambatan pada Sabtu (25/11/2023) pagi.

Keterlambatan tersebut terjadi lantaran ada pekerjaan switch over yang sedang dilakukan di Stasiun Tambun, Bekasi.

Informasi tersebut disampaikan melaui akun resmi X (Twitter) @CommuterLine pada Sabtu (25/11/2023) oukul 5.19 WIB.

"#InfoLintas Sehubungan terdapat Pekerjaan Switch Over (SO) Stasiun Tambun, saat ini perjalanan Commuterline antara Stasiun Cikarang–Bekasi maupun sebaliknya masih belum dapat dilalui. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis dalam unggahan.

Baca juga: Viral, Video Seorang Pria Marah-marah di KRL, KCI Ungkap Kejadiannya


Penjelasan KCI

External Relations & Corporate Image Care KAI Commuter Leza Arlan menyampaikan permintaan maafnya terkait dengan keterlambatan penumpang akibat pengerjaan switch over di Stasiun Tambun.

"KAI Commuter memohon maaf atas adanya keterlambatan perjalanan kereta api pada lintas Cikarang-Bekasi pada Sabtu pagi, (25/11)," ujar Leza dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/11/2023).

Pihaknya menjelaskan, kendala tersebut imbas dari proses pekerjaan switch over prasarana perkeretaapian di Stasiun Tambun yang mulai dikerjakan pada Jumat malam 24 November 2023. 

Ia melanjutkan, pada proses switch over tersebut dilakukan pemasangan peralatan perangkat wesel rel untuk pengaturan perjalanan kereta api.

Saat ini petugas terkait dari Satker DJKA Kementerian Perhubungan PT KAI Daop 1 Jakarta dan KAI Commuter telah bekerja sama dan terus melakukan koordinasi untuk upaya menekan kelambatan perjalana kereta api.

Baca juga: Video Viral Wanita Disebut Akan Buang Bayinya di Rel Kereta, Ini Klarifikasi KCI

Ada pembatasan kecepatan

Leza menyampaikan, pukul 10.00 WIB, pekerjaan switch over telah selesai dilakukan.

"Saat ini perjalanan commuter line dari Stasiun Cikarang menuju Bekasi maupun sebaliknya sudah bisa melintas di Stasiun Tambun," jelasnya.

Namun demikian, kata Leza, untuk tetap menjaga keselamatan perjalana kereta api di lokasi pekerjaan, masih akan diberlakukan pembatasan kecepatan seluruh perjalanan kereta api yaitu 5 km/jam.

Untuk tetap melayani pengguna Commuter Line, KAI Commuter melakukan rekayasa pola operasi khususnya pada perjalanan Commuter Line Cikarang.

Sementara itu, hingga pukul 10.30 WIB ada sebanyak 42 perjalanan Commuter Line Cikarang yang disesuaikan pola perjalanannya.

Pihaknya mengimbau agar pengguna commuter line untuk selalu mematuhi aturan dan arahan petugas di lapangan.

Selain itu, penumpang diharapkan untuk tidak memaksakan naik jika keadaan commuter line sudah padat.

"Ikuti informasi terkini perjalanan commuterline dari sosial media @commuterline dan jadwal serta posisi commuter line secara real time melalui aplikasi C-Access," jelasnya.

Baca juga: KCI Gelar Lomba Desain KMT Commuter Line, Berhadiah Jutaan Rupiah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com