Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengandung Gula Alami, Bolehkah Mangga Dikonsumsi Penderita Diabetes?

Kompas.com - 25/11/2023, 15:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Diabetes merupakan salah satu penyakit metabolisme yang disebabkan karena menumpuknya kadar gula darah dalam tubuh.

Penderita diabetes umumnya disarankan untuk mengurangi bahkan menghindari makanan manis termasuk buah-buahan dengan kadar gula yang tinggi.

Salah satu buah yang kerap dihindari oleh penderita diabetes adalah mangga.

Ketua dan Kepala Ahli Diabetes, Dr. V. Mohan mengatakan, mangga matang meningkatkan kadar gula darah sehingga berdampak buruk bagi penderita diabetes.

"Mangga matang memang meningkatkan kadar gula, terutama pada mereka yang memiliki diabetes yang tidak terkontrol," tuturnya, dikutip dari Times of India.

Sebaliknya, ahli diet terdaftar Ujjwala Baxi menyampaikan bahwa buah mangga memiliki manfaat bagi penderita diabetes karena tinggi vitamin C.

Lantas, apa boleh penderita diabetes makan buah mangga?

Boleh makan mangga, asalkan...

Masih dari sumber yang sama, konsultan ahli diabetes Rumah Sakit Bombay, Dr Rahul Baxi menjelaskan, satu porsi buah mangga mengandung 15 gram karbohidrat.

Kandungan karbohidrat inilah yang kemudian disimpan menjadi glukosa atau gula alami di dalam tubuh. Tak heran, mangga matang memiliki kandungan gula yang tinggi.

Beberapa ahli berpendapat bahwa mangga bukan buah pilihan yang tepat untuk penderita diabetes, salah satunya Kepala Departemen Nutrisi dan Diet Rumah Sakit Manipal Hebbal, Bengaluru Sherly Ganesh.

"Mangga mengandung gula alami, yang berkontribusi terhadap peningkatan kadar gula darah. Asupan mangga untuk penderita diabetes biasanya tidak dianjurkan karena karbohidrat dalam mangga meningkatkan kadar gula darah dan dapat menyebabkan kondisi medis sekunder," kata Sherly, dikutip dari Health Shots.

Kendati demikian, American Diabetes Association (ADA) menghitung batas aman konsumsi buah bagi penderita diabetes.

Mereka merekomendasikan penderita diabetes untuk mengonsumsi 45-60 gram karbohidrat setiap kali makan dan 15 hingga 30 gram untuk camilan.

Dengan begitu, penderita diabetes masih bisa mengonsumsi buah mangga dalam porsi sedang untuk mengontrol gula darahnya.

Selain porsi, jaga jarak antara konsumsi buah sepanjang hari.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com