Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Negatif Mengonsumsi Jeroan terhadap Asam Urat

Kompas.com - 17/11/2023, 07:45 WIB
Muhammad Zaenuddin

Penulis

KOMPAS.com - Asam urat adalah penyakit radang sendi yang disebabkan adanya penumpukan kristal asam urat berlebih pada persendian dan jaringan lunak.

Kondisi ini menyebabkan peradangan dan rasa nyeri hebat pada sendi mana pun, seperti jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling umum di jempol kaki.

Tubuh sebenarnya secara alami memproduksi asam urat ketika memecah purina yang ditemukan dalam makanan dan minuman tertentu.

Ketika tubuh memiliki kadar asam urat yang tinggi, kristal asam urat dapat menumpuk dan mengendap di persendian, sehingga menyebabkan nyeri, bengkak, dan gejala lainnya secara tiba-tiba.

Baca juga: Alasan Mengonsumsi Daging Merah Buruk bagi Kondisi Asam Urat


Makanan yang Anda konsumsi menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kadar asam urat dalam darah Anda.

Oleh karena itu, penderita asam urat disarankan untuk menghindari mengonsumsi makanan yang dapat memicu asam urat seperti daging merah, jeroan, dan beberapa seafood.

Dilansir dari laman Health, makanan yang cenderung meningkatkan kadar asam urat adalah makanan yang mengandung tinggi purina.

Purina adalah molekul yang membentuk DNA dan menjalankan fungsi lainnya. Anda memerlukan purina dalam jumlah tertentu dalam makanan Anda, tetapi jangan terlalu banyak.

Kadar purina yang tinggi tidak hanya meningkatkan risiko asam urat, tetapi juga tekanan darah tinggi, penyakit kardiovaskular, penyakit ginjal, dan sindrom metabolik.

Baca juga: 8 Buah untuk Asam Urat, Bantu Turunkan Kadar dan Atasi Nyeri

Efek jeroan terhadap asam urat

Illustrasi daging dan jeroan. Dampak mengonsumsi jeroan untuk asam urat.iStockPhoto/thesomegirl Illustrasi daging dan jeroan. Dampak mengonsumsi jeroan untuk asam urat.

Produk hewani secara umum cenderung tinggi purina, namun beberapa jeroan memiliki kadar yang lebih tinggi.

Dikutip dari laman Arthritis Foundation, daging organ atau jeroan dapat memicu kambuhnya penyakit asam urat, sehingga perlu dihindari oleh penderitanya.

Sama seperti daging merah, jeroan seperti hati, ginjal, jantung, lidah, dan babat. mengandung sangat tinggi purina.

Baca juga: Bahaya Mengonsumsi Seafood bagi Penderita Asam Urat

Oleh karena itu, jenis makanan tersebut dapat meningkatkan kadar asam urat atau memicu serangan asam urat.

Sejalan dengan itu, dilansir dari laman The Gout Killer, jeroan tergolong makanan yang buruk untuk diet asam urat karena karena kandungan purinanya yang tinggi.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com