Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perincian Bunga dan Denda Pinjol dari OJK, Turun Bertahap Mulai 2024

Kompas.com - 12/11/2023, 14:00 WIB
Diva Lufiana Putri,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan menurunkan bunga pinjaman online alias pinjol secara bertahap mulai 2024.

Kebijakan tersebut ditetapkan dalam Surat Edaran OJK (SEOJK) Nomor 19/SEOJK.05/2023 tentang Penyelenggaraan Layanan Pendanaan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (LPBBTI).

Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya OJK Agusman mengatakan, aturan ini merupakan bentuk upaya untuk mewujudkan visi bersama dalam periode 2023-2028.

"Yaitu industri fintech lending yang sehat berintegritas dan berorientasi pada inklusi keuangan dan perlindungan konsumen serta berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi nasional," kata Agusman dalam keterangan resmi kepada Kompas.com, Minggu (12/11/2023).

Melalui SEOJK, pihaknya mengatur manfaat ekonomi atau tingkat bunga pinjol sekaligus denda keterlambatan, baik untuk pendanaan produktif maupun konsumtif.

Lantas, berapa tingkat bunga dan denda pinjol per hari yang akan diberlakukan OJK mulai tahun depan?

Alasan penurunan bunga pinjol

Agusman menuturkan, bunga pinjaman untuk pendanaan konsumtif diturunkan secara bertahap dari 0,4 persen menjadi 0,3 persen per hari pada 2024.

Sedangkan, untuk pendanaan produktif, ditetapkan bunga maksimum sebesar 0,1 persen per hari pada 2024 dan 2025.

Menurutnya, tingkat bunga pinjaman untuk pendanaan produktif lebih rendah guna mendorong kegiatan ekonomi produktif di Tanah Air.

Pasalnya, selama ini salah satu yang dialami para pegiat usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) adalah mahalnya pendanaan.

"Kami berikan ruang di mana sebetulnya ada kesempatan luas di industri peer-to-peer lending ini membantu masyarakat luas untuk menggerakkan perekonomian," ujar Agusman.

Penurunan bunga pinjol sendiri dilakukan bertahap untuk menjaga keberlangsungan industri pinjol.

Baca juga: OJK Terbitkan Aturan Etika Penagihan Pinjol, Berlaku Juga untuk Pinjol Ilegal?

Tingkat bunga pinjol mulai 2024

Ilustrasi pinjol. Tingkat bunga dan denda keterlambatan pinjaman online atau pinjol dari OJK mulai 2024.SHUTTERSTOCK/ARIF WICAKSONO Ilustrasi pinjol. Tingkat bunga dan denda keterlambatan pinjaman online atau pinjol dari OJK mulai 2024.

Merujuk SEOJK Nomor 19/SEOJK.05/2023, penyelenggara pinjol wajib memenuhi ketentuan batas maksimum manfaat ekonomi.

Manfaat ekonomi tersebut, termasuk:

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com