Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

5 Rekor Dunia yang Pernah Dipecahkan Idol K-Pop

Kompas.com - 23/10/2023, 17:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Saat ini, K-Pop memiliki pengaruh yang besar di dunia. Bahkan, beberapa kali idol K-Pop sampai mampu memecahkan rekor. Seperti salah satu anggota BLACKPINK, Lisa, yang mencetak rekor dunia dengan lagu solonya Money.

Hal ini karena Money telah berhasil menjadi lagu K-Pop pertama dari seorang artis solo yang mencapai satu miliar pemutaran di Spotify.

Informasi ini dijelaskan dalam Kamjagiya Korea! episode “Lisa BLACKPINK Cetak Rekor Dunia dengan MONEY” dengan tautan s.id/KamKorRekor.

Selain Lisa, ada pula idol K-Pop lain yang juga berhasil memecahkan rekor. Berikut daftarnya:

1. Lisa BLACKPINK Pecahkan 7 Guinness World Records

Selain berhasil memecahkan rekor dengan Money, Lisa juga mendapatkan enam rekor dunia lainnya. Jadi, anggota BLACKPINK ini memegang total tujuh Guinness World Records.

Di antaranya adalah menjadi artis solo K-Pop pertama yang memenangkan MTV Video Music Awards dan MTV Europe Music Awards. Lisa juga menjadi artis solo K-Pop yang albumnya didengarkan sebanyak satu miliar orang di Spotify.

Baca juga: 4 Variety Show Seru Ini Dibintangi K-Pop Idol

Video klip lagunya yang diunggah ke YouTube pun memiliki jumlah penonton terbanyak dalam kurun waktu 24 jam. Dan terakhir, ia menjadi idol K-Pop dengan pengikut terbanyak di Instagram, yaitu 98,2 juta.

2. NewJeans Jadi Rookie dengan Streams Tercepat

Melansir Insider, sejak debut mereka pada 21 Juli dengan "Attention", NewJeans telah mendapat banyak perhatian dari penggemar K-Pop di seluruh dunia. Lagu-lagunya yang easy listening pun selalu ditunggu-tunggu oleh semua orang.

Karena itu, NewJeans menjadi girl grup K-pop rookie yang memecahkan Guinness World Records sebagai artis K-Pop tercepat yang mencapai satu miliar pemutaran di Spotify.

Rekor ini dipecahkan dalam 219 hari setelah debut-nya, mengalahkan Jungkook BTS yang berhasil mencapai satu miliar pemutaran dalam 409 hari.

3. Video Klip Gangnam Style oleh PSY Pecahkan Rekor Fantastis

Lagu yang dirilis pada 2012 ini bisa dibilang legenda dalam industri hiburan K-Pop. Pada masa itu, hampir semua orang tahu lagu Gangnam Style dengan ciri khas tarian kudanya pada bagian reff.

Dengan aransemen musik yang catchy, suara PSY yang semangat, dan video klip yang penuh humor, hingga saat ini, Gangnam Style masih memegang rekor video musik K-Pop yang paling banyak ditonton di YouTube. Saat ini, video klip yang dirilis sebelas tahun silam itu mencapai 4,9 miliar penayangan.

Sementara itu, berada di posisi kedua ada BLACKPINK dengan lagunya “DDU-DU DDU-DU” yang mencapai 2,1 miliar penayangan.

4. Solois IU Raih 21 Lagu Perfect All-Kill

PAK atau Perfect All-Kill dalam industri K-Pop adalah pencapaian sebuah lagu di chart musik Korea Selatan. Secara bersamaan, lagu tersebut mencapai nomor satu di komponen iChart real-time, harian, dan mingguan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com