Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

4 Konser Internasional Grup K-Pop Terbesar

Kompas.com - 20/09/2023, 17:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Ramos Mangihut Yemima S. dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Saat ini K-Pop telah menjadi salah satu industri yang diperhitungkan. Musik yang berwarna, koreografi yang dinamis, dan interaksi penggemar yang intim, menjadikan popularitas K-Pop melebar ke kancah internasional.

Oleh karena itu, popularitas sebuah grup juga semakin diperkuat lewat tur skala internasional. Dengan adanya tur internasional, sebuah grup tak hanya dapat bertemu dengan para penggemar setia, namun juga berkesempatan memperkuat nama.

Hal serupa juga dibahas siniar Kamjagiya Korea! episode “Young K DAY6 Akan Gelar Konser Solo di Jakarta pada Oktober 2023” dengan tautan akses s.id/KamKorYoungK. Dalam waktu dekat, Young K anggota DAY6, K-Pop-rock band besutan JYP Entertainment akan menyapa penggemarnya di Indonesia.

Kini, konser skala internasional sudah menjadi hal umum, sekaligus sebagai ajang pencapaian. Itulah mengapa ada beberapa konser yang memiliki jumlah penonton terbanyak. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tur konser K-Pop terbesar di dunia.

1. BTS - “The World Tour: Love Yourself”

Dilansir dari SEOULSPACE, “The World Tour: Love Yourself” oleh BTS adalah konser terbesar sepanjang sejarah industri K-Pop.

Konser ini dimulai tahun 2018 dan berakhir tahun 2019. Tak hanya itu, ia diselenggarakan di 12 negara berbeda, antara lain Korea Selatan, Jepang, Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Perancis, Belanda, Jerman, Taiwan, Hong Kong, Singapore, dan Thailand.

Baca juga: Alasan Fans K-Pop Sering Kena Tipu Tiket Konser

Tur ini ditutup dengan konser bertajuk ”BTS World Tour Love Yourself Speak Yourself” yang diselenggarakan di 14 negara berbeda dengan total 62 pertunjukkan dan dihadiri lebih dari 2 juta penggemar.

2. Blackpink - “Born Pink World Tour”

Blackpink adalah girl grup terbesar di industri K-Pop era kini. Grup yang beranggotakan Jennie, Lisa, Rosé, dan Jisoo itu menorehkan namanya sebagai salah satu grup K-Pop yang berhasil melakukan konser skala internasional terbesar.

Dilansir dari IBT, lewat konser bertajuk “Born Pink World Tour”, Blackpink melakukan tur sejak 2022 sampai 2023 dengan total 60 pertunjukkan. Bahkan, grup asuhan YG Entertainment ini meraup keuntungan sebesar lebih dari 220 juta dolar.

3. Big Bang - “MADE World Tour”

Melansir SEOULSPACE, pada tahun 2015 sampai 2016, Big Bang dengan “MADE World Tour” mengunjungi 15 negara berbeda, termasuk China, Jepang, Korea Selatan, Australia, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Dengan total 66 titik pertunjukkan, konser ini dihadiri sebanyak lebih dari 1,5 juta penggemar. Selain sebagai konser terbesar Big Bang, “MADE World Tour” juga merupakan salah satu konser terbesar dalam industri K-Pop.

4. TWICE - “Ready To Be Tour”

TWICE adalah salah satu grup K-Pop terpopuler di era sekarang. Beranggotakan sembilan orang, grup besutan JYP Entertainment ini sukses menyelenggarakan tur kelima mereka bertajuk “Ready To Be Tour” di tahun 2023.

Melansir Grammy, lewat “Ready To Be Tour”, TWICE menjadi konser girl group pertama yang sukses menjual seluruh bangku di Los Angeles SoFi Stadium.

Baca juga: Kekuatan Fandom K-Pop yang Tak Boleh Diremehkan

Dalam tur ini, TWICE siap menyambangi 43 titik pertunjukkan di berbagai negara, termasuk Indonesia. Tak hanya itu, “Ready To Be Tour” juga menyajikan berbagai pertunjukkan baru bagi penggemar setia, yaitu panggung solo tiap anggota dan kehadiran live band yang meriah.

Ingin tahu informasi terkini seputar konser Young K DAY6 dan grup idola lainnya? Yuk, dengarkan siniar Kamjagiya Korea! episode “Young K DAY6 Akan Gelar Konser Solo di Jakarta pada Oktober 2023” dengan tautan akses s.id/KamKorYoungK.

Akses juga episode lainnya yang tak kalah seru hanya di playlist YouTube Medio by KG Media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com