Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

4 Variety Show Seru Ini Dibintangi K-Pop Idol

Kompas.com - 17/10/2023, 16:36 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Ramos Mangihut Yemima S. dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Bicara tentang keunikan industri K-Pop memang tiada habisnya. Tak hanya menampilkan pertunjukkan dan lagu yang unik, para idola kerap menyajikan hiburan bagi penggemarnya lewat ragam program televisi.

Salah satunya adalah lewat acara ragam atau variety show, sebuah program hiburan yang biasa mengundang bintang tamu. Di Korea Selatan, acara ragam dikemas dengan format yang berbeda, mulai dari acara humor sampai edukasi.

Tak jarang acara ragam sering mengundang selebriti terkenal, termasuk idola K-Pop sebagai bintang tamu. Lewat acara ragam, para penggemar dapat melihat sisi lain dari idola yang barangkali belum pernah ditunjukkan sebelumnya.

Hal serupa dibahas dalam siniar Kamjagiya Korea! episode “Variety Show Korea Baru Berjudul “Apartment 404” Dibintangi Jennie Blackpink dan Yoo Jae Suk” dengan tautan akses s.id/KamKorApart404.

Berlatar kawasan apartemen, Apartment 404 akan menyajikan sejumlah hiburan menarik dibintangi sejumlah idola, aktor, dan tokoh televisi ternama.


Selain Apartment 404, di industri hiburan Korea, ada banyak acara ragam lainnya. Melansir beberapa sumber, berikut rekomendasi acara ragam seru yang dibintangi oleh para idola K-Pop.

Running Man

Running Man adalah acara ragam ikonik dan kerap menjadi pilihan utama dalam memulai menikmati tayangan Korea Selatan. Running Man menyajikan hiburan berupa sejumlah ragam permainan, obrolan penuh humor, dan hiburan lainnya yang seru.

Baca juga: Fakta DAY6, Band Korea Spesialis Lagu Galau

Dilansir Soompi, Running Man dibintangi sejumlah pemeran tetap, antara lain tokoh televisi legendaris Yoo Jae Suk. Running Man juga kerap mengundang berbagai bintang tamu, termasuk grup K-Pop ternama seperti Girls’ Generation, Blackpink, Red Velvet, BIGBANG, dan lain-lain.

Weekly Idol

Weekly Idol jadi salah satu acara ragam ikonik bagi para idola K-Pop. Telah mengudara selama sepuluh tahun lebih, Weekly Idol menyajikan hiburan kepada penggemar lewat sejumlah segmen seperti Random Play Dance, yaitu para idola ditantang untuk menarikan lagu secara acak.

Tak hanya itu, Weekly Idol juga memiliki segmen menarik lainnya seperti fakta-fakta menarik para anggota. Sejumlah grup idola yang pernah datang ke Weekly Idol antara lain BTS, Blackpink, TWICE, Red Velvet, EXO, dan lain-lain.

King of Masked Singer

King of Masked Singer merupakan salah satu acara acara ragam yang menarik. Berbeda dengan acara ragam lainnya, dalam King of Masked Singer para kontestan akan menunjukkan kebolehannya bernyanyi dengan mengenakan topeng supaya anonim.

Melansir Nolae, karena mengenakan topeng, para audiens dan panels tidak dapat mengetahui sosok bintang tamu. Mereka harus menebak siapa sosok di balik topeng tersebut.

Para kontestan kemudian akan melepas topengnya ketika dinyatakan tereliminasi. Kontestan beragam mulai dari aktor, komedian, sampai idola K-Pop. Para idola K-Pop yang pernah membintangi King of Masked Singer antara lain Jungkook BTS, Rosé Blackpink, Doyoung NCT 127, Joy Red Velvet, dan lain-lain.

I Live Alone

Melansir Time Out, I Live Alone atau dikenal dengan Home Alone adalah acara ragam dengan konsep menayangkan kehidupan sehari-hari selebriti yang hidup sendirian, sekaligus menayangkan sisi personal para selebriti bagi para penggemar.

Baca juga: Fakta Menarik Drama Terbaru Ji Chang Wook, “The Worst of Evil”

I Live Alone sangat populer, baik secara nasional maupun internasional. Tak hanya memberikan kesan menghibur, I Live Alone juga menayangkan sisi hangat lewat bagaimana selebriti juga seorang manusia biasa dan memiliki kesulitannya sendiri.

Sejumlah idola K-Pop yang pernah membintangi I Live Alone antara lain Hwasa MAMAMOO, Jihyo TWICE, Key SHINee, dan lain-lain.

Informasi lengkap mengenai acara ragam dan sejumlah acara hiburan Korea lainnya dapat dinikmati dalam siniar Kamjagiya Korea! episode “Variety Show Korea Baru Berjudul “Apartment 404” Dibintangi Jennie Blackpink dan Yoo Jae Suk” dengan tautan akses s.id/KamKorApart404.

Akses juga episode-episode lainnya yang tak kalah seru lewat playlist Kamjagiya Korea! di YouTube Medio by KG Media.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com