Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mumi Tertua di AS, Stoneman Willie Akhirnya Dimakamkan Setelah 128 Tahun

Kompas.com - 08/10/2023, 11:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com Mumi tertua di Amerika Serikat (AS), dikenal sebagai Stoneman Willie yang dipajang di dalam rumah duka di Pennsylvania selama 128 tahun, akhirnya dapat menerima penguburan yang layak.

Dikutip dari ABC News, para pejabat di Auman's Funeral Home, rumah duka di Reading mengatakan bahwa pihaknya berhasil mengidentifikasi jenazah tersebut dan sekarang dapat menguburkannya.

Mumi berjenis kelamin pria tersebut dulunya adalah seorang pencandu alkohol yang meninggal karena gagal ginjal setelah dipenjara Reading, Pennsylvania pada 19 November 1895.

Baca juga: Ilmuwan Telah Menciptakan Aroma Mumi, Terbuat dari Apa?


Baca juga: Mesir Temukan 100 Peti Mati Berisi Mumi yang Terkubur 2.500 Tahun Lalu

Tidak sengaja dijadikan mumi

Ia secara tidak sengaja menjadi mumi oleh petugas pemakaman yang bereksperimen dengan teknik pembalseman baru.

Sebelumnya, identitas asli pria tersebut tidak diketahui karena Stoneman Willie memberikan nama palsu sebagai James Penn ketika dia ditangkap karena melakukan pencurian.

Ia ditemukan di dalam rumah kos setempat dengan jam tangan emas, pisau cukur, dan uang di tangannya.

Pria berusia 37 tahun itu meninggal setelah berjuang melawan penyakit maag, yang memburuk menjadi uremia akut atau penyakit ginjal stadium akhir.

Baca juga: Saat Mesir Gelar Parade Megah untuk Pindahkan 22 Mumi Firaun...

Jenazahnya akan menerima upacara terakhir dan dibawa melalui prosesi ke Forest Hills Memorial Park terdekat untuk dimakamkan pada Sabtu (7/10/2023).

Direktur rumah duka Kyle Blankenbiller mengatakan bahwa pihaknya telah mengadakan jam kunjungan khusus untuk Willie sepanjang minggu untuk mengantisipasi upacara pemakaman akbar yang akan dilakukan hari ini. 

“Saya pikir itu adalah hal yang terhormat untuk dilakukan. Ini sudah menjadi hal yang pahit bagi kami,” kata Blankenbiller.

Baca juga: 7 Mumi Terkenal dan Rahasia yang Terungkap tentang Dunia Kuno

Diidentifikasi menggunakan dokumen sejarah

Mumi Ötzi the Iceman.sciencenews.org Mumi Ötzi the Iceman.

Dilansir dari Daily Mail, mumi pria itu tampak kurus dengan mengenakan setelan jas berwarna hitam dan dasi kupu-kupu saat dia terbaring di dalam peti mati di rumah duka.

Selain itu, tampak rambut dan giginya tetap utuh, namun kulitnya menjadi kasar.

Rumah Duka Auman mengatakan, mereka telah mengidentifikasi Stoneman Willie menggunakan dokumen sejarah dan akan mengungkapkan namanya pada akhir pekan ini ketika mereka menguburkan jenazahnya.

Hingga saat ini, tidak banyak yang diketahui tentang pria yang tak sengaja dijadikan mumi itu, selain tempat asalnya dari Irlandia.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com