Kompas.com - 03/04/2021, 20:45 WIB
Mostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Purbakala Tertinggi berbicara tentang sarkofagus kuno berusia lebih dari 2500 tahun yang ditemukan di sebuah pekuburan yang luas, ketika para arkeolog melakukan sinar-X untuk memvisualisasikan struktur mumi kuno, di Saqqara, Giza, Mesir, Sabtu, 14 November 2020. AP/Nariman El-MoftyMostafa Waziri, sekretaris jenderal Dewan Purbakala Tertinggi berbicara tentang sarkofagus kuno berusia lebih dari 2500 tahun yang ditemukan di sebuah pekuburan yang luas, ketika para arkeolog melakukan sinar-X untuk memvisualisasikan struktur mumi kuno, di Saqqara, Giza, Mesir, Sabtu, 14 November 2020.

KOMPAS.com - Sisa-sisa mumi dari 22 firaun Mesir akan diarak dalam sebuah parade megah di jalanan Kairo pada Sabtu (3/4/2021).

Di bawah pengawasan pasukan keamanan, mumi akan dipindahkan Museum Mesir yang ikonik ke Museum Nasional Peradaban Mesir yang baru yang berjarak tujuh kilometer.

Sebanyak mumi dari 18 raja dan empat ratu akan melakukan perjalanan secara berurutan dari yang tertua.

Baca juga: Mesir Temukan 100 Peti Mati Berisi Mumi yang Terkubur 2.500 Tahun Lalu

Masing-masing mumi akan diangkut dengan kendaraan hias terpisah yang didekorasi dengan gaya Mesir kuno.

Kementerian dalam negeri mengatakan, pejalan kaki dan kendaraan akan dilarang melintas dari Tahrir Square dan bagian lain dari rute parade.

"Seluruh dunia akan menyaksikan. Ini adalah 40 menit penting dalam kehidupan kota Kairo," kata arkeolog Mesir dan mantan menteri barang antik Zahi Hawass, dikutip dari AFP, Sabtu (3/4/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Mengenal Kota Sharm el-Sheikh, Bali-nya Mesir

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Video Pilihan

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.