Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Penyebab Rem Blong dan Bagaimana Cara Mengatasinya? Ini Penjelasan Ahli

Kompas.com - 24/09/2023, 20:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah truk tronton tanpa muatan mengalami kecelakaan dan menabrak sejumlah kendaraan bermotor di exit Tol Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah pada Sabtu (23/9/2023) sekitar pukul 18.30 WIB.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo Nugroho mengatakan, kecelakaan tersebut bermula saat sebuah truk dengan nomor polisi AD 8911 IA melaju dari arah Bawen ke arah Salatiga-Solo.

Truk tersebut menabrak sejumlah mobil dan sepeda motor yang pada saat itu sedang berhenti menunggu lampu lalu lintas.

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu Setianto menambahkan, penyebab kecelakaan diduga karena truk tronton mengalami rem blong hingga menabrak kendaraan yang sedang berhenti di depannya.

"Tiba-tiba rem truk mengalami kendala atau rem blong kemudian menabrak empat kendaraan mobil dan sembilan sepeda motor," ujarnya kepada Kompas.com, Sabtu (23/9/2023).

Baca juga: Menilik Exit Tol Bawen, Lokasi Kecelakaan Maut Truk dan 17 Kendaraan Motor

Lantas, apa penyebab kendaraan mengalami rem blong dan bagaimana cara mengatasinya?


Baca juga: Kecelakaan di Exit Tol Bawen, Apakah Korban Dapat Santunan dari Jasa Raharja?

Penyebab rem blong

Dosen Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta Jayan Sentanuhady menyampaikan, ada beberapa penyebab kendaraan bisa mengalami rem blong.

"Penyebab rem blong bisa karena piston rem aus/tidak normal, minyak rem bocor atau kurang, actuator atau kaliper rem macet, beban berlebihan, dan banyak penyebab lain," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (24/9/2023). 

Selain itu, kehilangan friksi (gesekan) di kampas rem akibat over heat atau peningkatan suhu juga bisa menyebabkan rem blong.

Over heat bisa disebabkan karena pengereman yang dilakukan secara terus-menerus, terlalu lama, dan dengan beban kendaraan yang relatif berlebih atau berat.

Baca juga: Berkaca dari Kecelakaan Purbaleunyi, Ini Cara Atasi Rem Blong

Kendaraan harus dilakukan uji KIR

Truk yang mengalami rem blong menyebabkan sopir meninggal duniaKOMPAS.com/Ist Truk yang mengalami rem blong menyebabkan sopir meninggal dunia

Senada, pengamat transportasi sekaligus akademisi program studi Teknik Sipil di Unika Soegijapranata Djoko Setijowarno mengatakan, penyebab kendaraan mengalami rem blong ada beberapa hal. Salah satunya adalah, apakah kendaraan itu sudah dilakukan uji KIR atau belum.

KIR adalah serangkaian kegiatan untuk melakukan uji kendaraan bermotor.

KIR dijadikan sebagai tanda bahwa kendaraan itu layak atau tidak digunakan secara teknis di jalan raya, khususnya bagi kendaraan yang membawa angkutan penumpang dan barang.

"KIR bisa menjadi salah satu penyebab kendaraan rem blong. Kalau kendaraan tidak di KIR-kan yang salah itu bukan sopirnya, dan bisa jadi dari pihak perusahaannya," ujarnya terpisah.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com