Berkaca dari Kecelakaan Purbaleunyi, Ini Cara Atasi Rem Blong

Kompas.com - 04/09/2019, 13:16 WIB
Petugas mengevakuasi salah satu kendaraan yang terlibat pada kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 92 Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/9/2019). Kecelakaan tersebut melibatkan sekitar 20 kendaraan yang mengakibatkan korban 25 orang luka ringan, empat orang luka berat dan delapan orang meninggal dunia. ANTARA FOTO/MUHAMAD IBNU CHAZARPetugas mengevakuasi salah satu kendaraan yang terlibat pada kecelakaan beruntun di Tol Cipularang KM 92 Purwakarta, Jawa Barat, Senin (2/9/2019). Kecelakaan tersebut melibatkan sekitar 20 kendaraan yang mengakibatkan korban 25 orang luka ringan, empat orang luka berat dan delapan orang meninggal dunia.


KOMPAS.com - Jajaran kepolisian masih mendalami penyebab pasti kecelakaan beruntun di tol Purbaleunyi, Purwakarta Jawa Barat. Dari keterangan saksi dan hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) salah satu penyebab kecelakaan diduga terkait dengan permasalahan rem.

Seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (4/9/2019) beban yang melebihi tonase ditambah kondisi jalan yang menurun membuat rem dump truck kurang berfungsi sewaktu si sopir mengoper gigi.

Akibatnya, dump truckmelaju tak terkendali dan menabrak sejumlah kendaraan yang berada di depannya.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kejadian rem yang tidak berfungsi saat mengendarai kendaraan?

Dilansir dari idrivesafely.com, sebuah website pelatihan pengemudi online yang berpusat di San Marcos, Amerika Serikat, dijelaskan bagaimana cara mengatasi kegagalan rem.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kegagalan rem (rem blong), antara lain minyak rem yang sudah habis dan bantalan rem yang sudah usang.

Berikut sejumlah cara untuk mengatasi kegagalan rem:

1. Turunkan gigi segera

Hal pertama yang harus dipahami dan terpenting adalah jangan panik. Setelah itu mulailah untuk menurunkan gigi pada mobil Anda semulus mungkin.

Hal tersebut berlaku bagi mobil bertipe manual dan matik.

Penurunan gigi secara mulus, akan membuat mobil Anda melambat hingga dapat menepi dengan aman.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X