Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Kata-kata Inspiratif Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu

Kompas.com - 08/09/2023, 10:30 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Thomas Alva Edison merupakan salah satu ilmuwan terkemuka di dunia. Temuannya yang paling terkenal adalah bola lampu pijar pertama yang layak secara komersial.

Lahir di Ohio, Amerika Serikat pada tahun 1847, Edison merupakan anak dari seorang aktivis politik yang diasingkan dari Kanada.

Dikutip dari Biography, Edison kecil adalah seorang anak hiperaktif dan mudah terganggu, sehingga ibunya menariknya dari sekolah dan mengajarinya sendiri di rumah.

Pada usia 11 tahun, Edison menunjukkan minat besarnya akan pengetahuan. Dia mengembangkan proses pendidikan mandiri dan pembelajaran mandiri yang akan berguna baginya sepanjang hidupnya.

Baca juga: Mengenal Thomas Alva Edison, Sang Penemu Bola Lampu

Selanjutnya di usia 22 tahun, Edison telah mengembangkan penemuan pertamanya berupa ticker saham yang disebut Universal Stock Printer.

Ia pun dibayar 40.000 dollar AS oleh The Gold and Stock Telegraph Company untuk hak atas temuan tersebut.

Pada 1879, ia sukses menemukan bola lampu yang merupakan penyempurnaan dari temuan lampu busur listrik oleh Humphry Davy pada awal 1800-an.

Selama masa hidupnya, Edison menerima 1.093 paten AS dan mengajukan tambahan 500-600 paten yang tidak berhasil atau ditinggalkan.

Kata-kata Thomas Alva Edison

Berikut 20 kutipan Thomas Alva Edison:

  1. I have not failed. I’ve just found 10.000 ways that won’t work (Saya tidak gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak akan berhasil)
  2. What you are will show in what you do (Siapa diri Anda akan terlihat dari apa yang Anda lakukan)
  3. Just because something doesn’t do what you planned it to do doesn’t mean it’s useless (Hanya karena sesuatu tidak berjalan sesuai dengan yang Anda rencanakan, bukan berarti itu tidak berguna)
  4. To invent, you need a good imagination and a pile of junk (Untuk menciptakan, Anda membutuhkan imajinasi yang baik dan setumpuk sampah)
  5. Your worth consists in what you are and not in what you have (Nilai Anda terdiri dari siapa diri Anda dan bukan pada apa yang Anda miliki)
  6. Not everything of value in life comes from books, experience the world (Tidak semua hal yang berharga dalam hidup berasal dari buku, rasakanlah dunia)
  7. The value of an idea lies in the using of it (Nilai sebuah ide terletak pada penggunaannya)
  8. Hard work, nothing to divert my thought, clear air and simple food made my life very pleasant (Kerja keras, tidak ada yang mengalihkan pikiran saya, udara yang bersih dan makanan yang sederhana membuat hidup saya sangat menyenangkan)
  9. Vision without execution is hallucination (Visi tanpa eksekusi adalah halusinasi)
  10. You can’t realize your dreams unless you have one to begin with (Anda tidak dapat mewujudkan impian Anda kecuali Anda memilikinya untuk memulai)
  11. Opportunity is missed by most people because it is dressed in overalls and looks like work (Kesempatan dilewatkan oleh kebanyakan orang karena dibalut dengan pakaian terusan dan terlihat seperti pekerjaan)
  12. If we did all the things we are capable of, we would literally astound ourselves (Jika kita melakukan semua hal yang mampu kita lakukan, kita akan membuat diri kita sendiri tercengang)
  13. I’ve never made a mistake. I’ve only learned from experience (Saya tidak pernah melakukan kesalahan. Saya hanya belajar dari pengalaman)
  14. What a man’s mind can create, man’s character should control (Apa yang bisa diciptakan oleh pikiran manusia, harus dikendalikan oleh karakter manusia)
  15. Discontent is the first necessity of progress (Ketidakpuasan adalah kebutuhan pertama dari kemajuan)
  16. I readily absorb ideas from every source, frequently starting where the last person left off (Saya dengan mudah menyerap ide dari setiap sumber, sering kali memulai dari tempat orang terakhir berhenti)
  17. Show me a thoroughly satisfied man and I will show you a failure (Tunjukkan pada saya orang yang benar-benar puas dan saya akan menunjukkan kegagalan)
  18. Success is 90 percent perspiration and 10 percent inspiration (Sukses adalah 90 persen keringat dan 10 persen inspirasi)
  19. Good fortune often happens when opportunity meets with preparation (Nasib baik sering kali terjadi ketika kesempatan bertemu dengan persiapan)
  20. Never get discouraged if you fail. Learn from it. Keep trying (Jangan pernah berkecil hati jika Anda gagal. Belajarlah darinya. Teruslah mencoba)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com