Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

25 Kutipan Inspiratif Stephen Hawking, Ilmuwan Pengungkap Rahasia Semesta

Kompas.com - 05/09/2023, 11:15 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Stephen Hawking merupakan salah satu ilmuwan dunia yang berhasil mengungkap rahasia alam semesta.

Dilahirkan pada 1942, Hawking identik dengan penampilannya di atas kursi roda akibat penyakit amyotrophic lateral sclerosis (ALS) yang dideritanya.

ALS merupakan penyakit sistem saraf yang melemahkan otot-otot dan memengaruhi fungsi fisik pengidapnya.

Hawking didiagnosis mengidap penyakit itu sejak usia 21 tahun dan diprediksi hanya akan bertahan hidup selama dua tahun kemudian.

Namun, takdir berkata lain. Hawking bahkan hidup hingga usia 76 tahun.

Keterbatasan itu pun bukan menjadi persoalan berarti. Sepanjang hidupnya, ia sukses menguak sejumlah misteri alam semesta.

Salah satu temuan terkenalnya adalah terkait dengan lubang hitam atau black hole.

Dengan memadukan teori Einstein dan teori kuantum, Hawking semula berpendapat bahwa lubang hitam berdesis, mengeluarkan radiasi dan partikel, sebelum akhirnya meledak dan menghilang.

Namun, ia merevisi teori itu dan menyatakan bahwa lubang hitam tidak ada.

Dalam teori barunya tersebut, Hawking menyebut lubang hitam memiliki horizon yang akan berubah menurut perubahan kuantum.

Kisah hidup Hawking pun menginspirasi banyak orang dan diangkat ke dalam film berjudul The Theory of Everything (2014).

Berikut 23 kutipan terkenal Stephen Hawking, dikutip dari Inc Magazine dan Everyday Power:

  1. Life would be tragic if it weren’t funny (Hidup akan menjadi tragis jika tidak lucu)
  2. People who boast about their IQ are losers (Orang yang membanggakan IQ mereka adalah pecundang)
  3. Science is not only a disciple of reason but also one of romance and passion (Ilmu pengetahuan bukan hanya murid dari akal, tetapi juga dari romansa dan gairah)
  4. My goal is simple. It is a complete understanding of the universe, why it is as it is and why it exists at all (Tujuan saya sederhana. Ini adalah pemahaman yang lengkap tentang alam semesta, mengapa alam semesta itu seperti apa adanya dan mengapa alam semesta itu ada)
  5. In my opinion, there is no aspect of reality beyond the reach of the human mind (Menurut pendapat saya, tidak ada aspek realitas yang berada di luar jangkauan pikiran manusia)
  6. However difficult life may seem, there is always something you can do and succeed at (Betapapun sulitnya hidup ini, selalu ada sesuatu yang dapat Anda lakukan dan berhasil)
  7. I believe there are no questions that science can't answer about a physical universe (Saya percaya tidak ada pertanyaan yang tidak dapat dijawab oleh sains tentang alam semesta fisik)
  8. Intelligence is the ability to adapt to change (Kecerdasan adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan perubahan)
  9. Quiet people have the loudest minds (Orang yang pendiam memiliki pikiran yang paling keras)
  10. Nothing is better than reading and gaining more and more knowledge (Tidak ada yang lebih baik daripada membaca dan mendapatkan lebih banyak pengetahuan)
  11. Scientists have become the bearers of the torch of discovery in our quest for knowledge (Para ilmuwan telah menjadi pembawa obor penemuan dalam pencarian kita akan pengetahuan)
  12. Although I cannot move and I have to speak through a computer, in my mind I am free (Meskipun saya tidak bisa bergerak dan saya harus berbicara melalui komputer, dalam pikiran saya, saya bebas)
  13. Science can lift people out of poverty and cure disease. That, in turn, will reduce civil unrest (Ilmu pengetahuan dapat mengangkat orang dari kemiskinan dan menyembuhkan penyakit. Pada gilirannya, hal itu akan mengurangi kerusuhan sipil)
  14. My expectations were reduced to zero when I was 21. Everything since then has been a bonus (Harapan saya berkurang menjadi nol ketika saya berusia 21 tahun. Segala sesuatu sejak saat itu adalah bonus)
  15. I don’t think the human race will survive the next thousand years, unless we spread into space (Saya tidak berpikir umat manusia akan bertahan dalam seribu tahun ke depan, kecuali kita menyebar ke luar angkasa)
  16. People won't have time for you if you are always angry or complaining (Orang tidak akan punya waktu untuk Anda jika Anda selalu marah atau mengeluh)
  17. Work gives you meaning and purpose and life is empty without it (Pekerjaan memberi Anda makna dan tujuan dan hidup terasa hampa tanpanya)
  18. If you are lucky enough to find love, remember it is there and don’t throw it away (Jika Anda cukup beruntung untuk menemukan cinta, ingatlah bahwa cinta itu ada dan jangan membuangnya)
  19. To confine our attention to terrestrial matters would be to limit the human spirit (Membatasi perhatian kita pada hal-hal yang bersifat duniawi sama saja dengan membatasi semangat manusia)
  20. Government works best under the glare of public scrutiny. Absent such scrutiny, abuses occur (Pemerintah bekerja paling baik di bawah sorotan pengawasan publik. Jika tidak ada pengawasan seperti itu, maka akan terjadi penyalahgunaan)
  21. One is always a long way from solving a problem until one actually has the answer (Seseorang selalu jauh dari memecahkan masalah sampai ia benar-benar memiliki jawabannya)
  22. We each exist for but a short time, and in that time explore but a small part of the whole universe (Kita masing-masing ada untuk waktu yang singkat, dan dalam waktu itu kita hanya menjelajahi sebagian kecil dari seluruh alam semesta)
  23. We are just an advanced breed of monkeys on a minor planet of a very average star. But we can understand the universe (Kita hanyalah jenis monyet tingkat lanjut di sebuah planet kecil di sebuah bintang yang sangat biasa. Tapi kita bisa memahami alam semesta).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com