Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Momen Tak Terduga di Upacara HUT Ke-78 RI, Sepatu Pembawa Baki Bendera Lepas dan Pelatih Paskibra Jatuh dari Tiang

Kompas.com - 18/08/2023, 10:00 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sederet kejadian tak terduga di upacara pengibaran Sang Merah Putih dalam rangka memperingati HUT ke-78 RI terjadi di sejumlah daerah.

Momen tak terduga di upacara 17 Agustus 2023 itu cukup beragam, mulai dari kejadian lucu hingga menegangkan.

Upacara detik-detik proklamasi kemerdekaan Indonesia di halaman Istana Merdeka, Kamis (17/8/2023), juga tak luput dari momen lucu dan menegangkan.

Berikut Kompas.com merangkum sejumlah kejadian tak terduga yang terjadi di upacara 17 Agustus 2023:

1. Sepatu pembawa baki bendera lepas

Lilly Indiani Suparman Wenda, anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) mengalami insiden tak terduga saat membawa baki bendera dalam upacara di Istana Merdeka, Kamis pagi.

Saat itu, sepatu yang dikenakan Lilly terlepas ketika hendak kembali ke formasi barisan dan meninggalkan lapangan upacara.

Namun, Lilly tampak tetap tenang, seakan tak memedulikan kejadian tersebut. Dia terlihat tetap fokus dan mengikuti aba-aba dari komandan.

Alhasil, perempuan asal Papua itu meninggalkan lapangan upacara dengan mengenakan satu sepatu saja, dan menuai banyak pujian dari masyarakat.

Baca juga: Momen Sepatu Paskibraka Pembawa Baki Bendera di Istana Lepas, Tetap Dipuji

2. Colekan Pak Bas ke Erick Thohir

Momen jenaka terjadi dalam upacara pengibaran bendera di halaman Istana Merdeka, Kamis.

Ketika mars "Andika Bhayangari" dikumandangkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono tertangkap kamera menyingkap baju yang dikenakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir.

Seketika, istri Pak Bas yang berdiri di sebelahnya segera menepuk tangan suaminya. Tindakan tersebut sempat memicu tawa di wajah Erick Thohir dan istrinya.

Tak lama, potongan video aksi Menteri PUPR itu viral di media sosial.

Dilansir dari Kompas.com, Kamis (17/8/2023), Basuki ternyata penasaran dengan pakaian yang dikenakan oleh Erick pada saat upacara pengibaran bendera.

Erick menjelaskan bahwa pakaian yang dikenakannya merupakan pakaian organisasi Budi Oetomo yang memelopori kebangkitan nasional.

Baca juga: Momen Upacara HUT Ke-78 RI di IKN, Terlaksana di Depan Calon Istana Presiden

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam Upacara HUT Ke-78 RI.Tangkap layar streaming Kompas TV Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri BUMN Erick Thohir dalam Upacara HUT Ke-78 RI.

3. Remaja panjat tiang bendera

Hampir tiap tahun, perayaan Hari Kemerdekaan RI diwarnai dengan aksi heroik seseorang yang memanjat tiang bendera. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com