Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

15 Kutipan Inspiratif Pele, Bisa Dibagikan di Media Sosial

Kompas.com - 01/08/2023, 21:30 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nama Pele akan selalu melekat di hati para pecinta sepak bola dunia.

Pasalnya, beragam prestasi telah ditorehkannya ketika menjadi pemain sepak bola. Tak heran, nama Pele kerap dianggap sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang masa.

Pemain dengan nama asli Edson Arantes do Nascimento ini memulai kariernya di usia yang masih sangat muda, yakni 16 tahun.

Meski demikian, ia sudah menjadi bagian dari timnas Brasil dan tampil memukau.

Pada Piala Dunia 1958, Pele sudah menjadi juara dunia di usia 17 tahun. Ia juga ikut mencetak gol di partai final.

Meski memutuskan pensiun pada 1977, Pele masih banyak terlibat di dunia olahrga, termasuk menjadi Menteri Olahraga Brasil pada periode 1995-1998.

Berikut 15 kutipan Pele, dikutip dari Everyday Power:

  1. Sport is something that is very inspirational for young people (Olahraga adalah sesuatu yang sangat inspiratif bagi kaum muda)
  2. Everything is practice (Segala sesuatu adalah latihan)
  3. I don’t think I’m a very good businessman. I act too much with my heart (Saya merasa bukan pebisnis yang baik. Saya bertindak terlalu banyak dengan hati saya)
  4. Pele doesn’t die. Pele will never die. Pele is going to go on forever (Pele tidak akan mati. Pele tidak akan pernah mati. Pele akan terus hidup selamanya)
  5. If you don’t give education to people, it is easy to manipulate them (Jika Anda tidak memberikan pendidikan kepada orang-orang, mudah untuk memanipulasi mereka)
  6. Everything on earth is a game. A passing thing. We all end up dead. We all end up the same, don’t we? (Semua yang ada di dunia ini adalah permainan. Sebuah hal yang berlalu. Kita semua akan mati. Kita semua akan berakhir sama, bukan?)
  7. Enthusiasm is everything. It must be taut and vibrating like a guitar string (Antusiasme adalah segalanya. Itu harus kencang dan bergetar seperti senar gitar)
  8. The World Cup is a very important way to measure the good players, and the great ones. It is a test of a great player (Piala Dunia adalah cara yang sangat penting untuk mengukur para pemain yang bagus dan hebat. Ini adalah ujian bagi seorang pemain hebat)
  9. The more difficult the victory, the greater the happiness in winning (Semakin sulit kemenangannya, semakin besar kebahagiaan saat menang)
  10. If you are first, you are first. If you are second, you are nothing (Jika Anda menjadi yang pertama, Anda adalah yang pertama. Jika Anda berada di urutan kedua, Anda bukan apa-apa)
  11. The ambition should always be to play an elegant game (Ambisi harus selalu memainkan permainan yang elegan)
  12. I am constantly being asked about individuals. The only way to win is as a team. Football is not about one or two or three star players (Saya terus-menerus ditanya tentang individu. Satu-satunya cara untuk menang adalah sebagai sebuah tim. Sepak bola bukan hanya tentang satu, dua, atau tiga pemain bintang)
  13. A penalty is a cowardly way to score (Penalti adalah cara yang pengecut untuk mencetak gol)
  14. You must respect people and work hard to be in shape. And I used to train very hard. When the others players went to the beach after training, I was there kicking the ball (Anda harus menghormati orang lain dan bekerja keras untuk menjadi bugar. Saya dulu berlatih sangat keras. Ketika para pemain lain pergi ke pantai setelah latihan, saya berada di sana menendang bola)
  15. When you play against dirty players or very tough players, it’s easy to escape because you know what they’re going to do. But when the player is tough but intelligent, it’s much more difficult (Ketika Anda bermain melawan pemain-pemain kotor atau pemain yang sangat tangguh, mudah untuk melarikan diri karena Anda tahu apa yang akan mereka lakukan. Tetapi ketika pemain itu tangguh tetapi cerdas, itu jauh lebih sulit).
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com