Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

30 Kutipan Terkenal Muhammad Ali, Apa Saja?

Kompas.com - 26/07/2023, 20:30 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejarah mencatat nama Muhammad Ali sebagai salah satu petinju terbaik di dunia.

Lahir pada 14 Januari 1942 dengan nama Cassius Marcellus Clay Jr, namanya kemudian berganti menjadi Muhammad Ali setelah memeluk Islam pada 1964.

Sebelum memulai debutnya sebagai petinju preofesional, Ali telah mendapatkan medali emas di Olimpiade Roma pada Agustus 1960.

Dua bulan kemudian, ia memulai debutnya sebagai petinju profesional melawan Tunney Husaker dan langsung memenangkan pertarungan itu.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Petinju Muhammad Ali Gantung Sarung Tinju

Pada 1964, Ali berhasil mengalahkan petinju favorit Sonny Liston dalam enam ronde dan menjadikannya sebagai juara tinju kelas berat.

Usai kemenangan itu, Ali terkenal dengan ucapannya yang terkenal, "Akulah yang terbaik!"

Sepanjang kariernya, Ali berhasil mencatatkan rekor 56 kemenangan, lima kekalahan dan 37 KO.

Ia sempat menjadi pusat perhatian dunia karena melalukan kegiatan kemanusiaan, termasuk menjadi negosiator pembebasan sandera Amerika Serikat di Irak pada 1990.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Muhammad Ali Raih Gelar Juara Dunia Kelas Berat Pertamanya


Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Gelar Juara Kelas Berat Muhammad Ali Dicopot

Kutipan terkenal Muhammad Ali

Berikut 30 kutipan terkenal Muhammad Ali, dikutip dari Parade dan Inc Magazine:

  1. Float like a butterfly, sting like a bee (Melayanglah seperti kupu-kupu, sengatlah seperti lebah)
  2. Don't count the days. Make the days count (Jangan menghitung hari. Buatlah hari-hari itu berarti)
  3. If my mind can conceive it, if my heart can believe it then I can achieve it (Jika pikiranku bisa membayangkannya, jika hatiku bisa mempercayainya maka aku bisa mencapainya)
  4. I am the greatest. I said that even before I knew I was (Akulah yang terhebat. Saya mengatakan itu bahkan sebelum saya menyadarinya)
  5. A man who has no imagination has no wings (Seorang pria yang tidak memiliki imajinasi, berarti tidak memiliki sayap)
  6. He who is not courageous enough to take risks will accomplish nothing in life (Dia yang tidak cukup berani untuk mengambil risiko tidak akan mencapai apa-apa dalam hidup)
  7. There are no pleasures in a fight, but some of my fights have been a pleasure to win (Tidak ada kesenangan dalam sebuah pertarungan, tapi beberapa pertarungan saya sangat menyenangkan untuk dimenangkan)
  8. We can’t be brave without fear (Kita tak bisa berani tanpa rasa takut)
  9. What you’re thinking is what you’re becoming (Apa yang Anda pikirkan akan menjadi seperti apa Anda nantinya)
  10. The best way to make your dreams come true is to wake up (Cara terbaik untuk mewujudkan impian Anda adalah dengan bangun)
  11. I wish people would love everybody else the way they love me. It would be a better world (Saya berharap orang-orang akan mencintai orang lain seperti mereka mencintai saya. Itu akan menjadi dunia yang lebih baik)
  12. It’s lack of faith that makes people afraid of meeting challenges, and I believed in myself (Kurangnya keyakinanlah yang membuat orang takut menghadapi tantangan, dan saya percaya pada diri saya sendiri)
  13. You lose nothing when fighting for a cause (Anda tidak akan kehilangan apa pun ketika berjuang untuk suatu tujuan)
  14. If you even dream of beating me, you'd better wake up and apologize (Jika Anda bermimpi mengalahkan saya, sebaiknya Anda bangun dan meminta maaf)
  15. Silence is golden when you can’t think of a good answer (Diam adalah emas ketika Anda tidak dapat memikirkan jawaban yang baik)
  16. To be a great champion you must believe you are the best. If not, pretend you are (Untuk menjadi juara yang hebat, Anda harus percaya bahwa Anda adalah yang terbaik. Jika tidak, berpura-puralah menjadi yang terbaik)
  17. It’s funny, but those who hate me the most sometimes inspire me the most (Ini lucu, tapi mereka yang paling membenci saya terkadang paling menginspirasi saya)
  18. Service to others is the rent you pay for your room here on earth (Pelayanan kepada orang lain adalah harga sewa yang Anda bayarkan untuk kamar Anda di Bumi ini)
  19. The greatest victory in life is to rise above the material things that we once valued most (Kemenangan terbesar dalam hidup adalah melampaui hal-hal materi yang pernah kita hargai)
  20. A rooster crows only when it sees the light. Put him in the dark and he'll never crow. I have seen the light and I’m crowing (Ayam jantan berkokok hanya jika ia melihat cahaya. Letakkan dia dalam kegelapan dan dia tidak akan pernah berkokok. Saya telah melihat cahaya dan saya berkokok)
  21. My principles are more important than the money or my title (Prinsip-prinsip saya lebih penting daripada uang atau jabatan saya)
  22. The critics only made me work harder (Kritik hanya membuat saya bekerja lebih keras)
  23. Live every day as if it were your last because someday you're going to be right (Hiduplah setiap hari seolah-olah itu adalah hari terakhir Anda karena suatu hari nanti Anda akan benar)
  24. Wisdom is knowing when you can't be wise (Kebijaksanaan adalah mengetahui kapan Anda tidak bisa menjadi bijaksana)
  25. Friendship is a priceless gift that cannot be bought nor sold, but its value is far greater than a mountain made of gold (Persahabatan adalah hadiah tak ternilai yang tidak dapat dibeli atau dijual, tetapi nilainya jauh lebih besar daripada gunung yang terbuat dari emas)
  26. Hating people because of their color is wrong. And it doesn't matter which color does the hating. It’s just plain wrong (Membenci orang lain karena warna kulit mereka adalah salah. Dan tidak peduli warna apa yang dibenci. Itu jelas-jelas salah)
  27. My wealth is in my knowledge of self, love, and spirituality (Kekayaan saya ada pada pengetahuan saya tentang diri, cinta, dan spiritualitas)
  28. There are more pleasant things to do than beat up people (Ada banyak hal yang lebih menyenangkan untuk dilakukan daripada memukuli orang)
  29. Wars of nations are fought to change maps. But wars of poverty are fought to map change (Perang antar bangsa dilakukan untuk mengubah peta. Tapi perang kemiskinan diperjuangkan untuk mengubah peta)
  30. Don’t quit. Suffer now and live the rest of your life as a champion (Jangan berhenti. Menderita sekarang dan jalani sisa hidup Anda sebagai seorang juara)

Baca juga: 30 Kutipan Inspiratif Mahatma Gandhi untuk Status WhatsApp dan Facebook

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com