Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Kata-kata Motivasi Jack Ma, Inspiratif dan Penuh Makna

Kompas.com - 18/07/2023, 16:00 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jack Ma merupakan pendiri raksasa e-commerce Alibaba dan menjadi salah satu orang terkaya di China.

Jack Ma lahir dari dari keluarga tak mampu, tetapi kemudian sukses mendirikan startup besar dan menjadi miliader.

Di balik kesuksesan itu, Jack Ma mengaku kerap mengalami kegagalan, baik saat menempuh pendidikan maupun melamar pekerjaan.

Bahkan, ia pernah ditolak menjadi pegawai KFC dan pelayan restoran hotel bintang lima.

Saat melihat peluang bisnis di internet, Ma mendirikan situs jual beli online di internet yang diberi nama Alibaba dan meraup sukses besar.

Kata-kata Jack Ma tentang motivasi meraih kesuksesan

Nama itu terinspirasi dari kisah Ali Baba and the Forty Thieves yang terkenal di dunia.

Berikut 20 kutipan inspiratif Jack Ma, dikutip dari Insider:

  1. Leadership is your instinct, then it's your training. Leaders are always positive, they never complain (Kepemimpinan adalah naluri Anda, maka itu adalah pelatihan Anda. Pemimpin selalu bersikap positif, mereka tidak pernah mengeluh)
  2. I know nothing about technology, I know nothing about marketing, I know nothing about (the legal) stuff. I only know about people (Saya tidak tahu apa-apa tentang teknologi, saya tidak tahu apa-apa tentang pemasaran, saya tidak tahu apa-apa tentang hal-hal (hukum). Saya hanya tahu tentang manusia)
  3. A leader should incentivize, but not with money. You give trust, respect, appreciation, and correct, heartfelt advice (Seorang pemimpin harus memberi insentif, namun tidak dengan uang. Anda memberikan kepercayaan, rasa hormat, penghargaan, dan nasihat yang benar dan tulus)
  4. A good boss is better than a good company (Atasan yang baik lebih baik daripada perusahaan yang baik)
  5. I always find people smarter than I am. Then my job is to make sure smart people can work together (Saya selalu menemukan orang yang lebih pintar dari saya. Maka tugas saya adalah memastikan orang-orang pintar dapat bekerja sama)
  6. Intelligent people need a fool to lead them. When the team's all a bunch of scientists, it is best to have a peasant lead the way (Orang pintar membutuhkan orang bodoh untuk memimpin mereka. Ketika tim terdiri dari sekumpulan ilmuwan, yang terbaik adalah memiliki seorang petani yang memimpin)
  7. As entrepreneurs, if you're not optimistic, you're in trouble (Sebagai pengusaha, jika Anda tidak optimistis, Anda berada dalam masalah)
  8. Players should never fight. A real businessman or entrepreneur has no enemies. Once he understands this, the sky's the limit (Pemain tidak boleh bertengkar. Seorang pebisnis atau pengusaha sejati tidak memiliki musuh. Begitu dia memahami hal ini, langit adalah batasnya)
  9. Philanthropy is not about helping others, it's about helping yourself. When you change, the world changes (Filantropi bukan tentang membantu orang lain, melainkan membantu diri sendiri. Ketika Anda berubah, dunia pun berubah)
  10. I do everything to make sure my customer is happy, my employee is happy, society is healthy (Saya melakukan segalanya untuk memastikan pelanggan saya bahagia, karyawan saya bahagia, masyarakat sehat)
  11. I would focus on customers, I would focus on not making money, I would focus on making values (Saya akan fokus pada pelanggan, saya akan fokus untuk tidak menghasilkan uang, saya akan fokus untuk menciptakan nilai)
  12. Instead of learning from other people's success, learn from their mistakes (Alih-alih belajar dari kesuksesan orang lain, belajarlah dari kesalahan mereka)
  13. Today is difficult, tomorrow is much more difficult, but the day after tomorrow is beautiful. Most people die tomorrow evening (Hari ini sulit, besok jauh lebih sulit, tapi lusa itu indah. Kebanyakan orang meninggal besok malam)
  14. Of course, you're not happy when people say 'no.' Have a good sleep, wake up, and try again (Tentu saja, Anda tidak senang jika orang lain mengatakan 'tidak'. Tidur yang nyenyak, bangun, dan coba lagi)
  15. In my life, it's not how much we've achieved, it's how much we've gone through the tough days (Dalam hidup saya, yang terpenting bukanlah seberapa banyak yang telah kita capai, melainkan seberapa banyak kita telah melewati hari-hari yang sulit)
  16. If machines can do things better, we have to change the way we teach (Jika mesin dapat melakukan sesuatu dengan lebih baik, kita harus mengubah cara kita mengajar)
  17. Hire as many young people as possible, because they are never scared. We make wrong decisions, we make the wrong policies, we kill their future. So trust the young people (Pekerjakan anak muda sebanyak mungkin, karena mereka tidak pernah takut. Jika kita membuat keputusan yang salah, kita membuat kebijakan yang salah, kita akan membunuh masa depan mereka. Jadi percayalah pada anak muda)
  18. It doesn't matter if I failed. At least I passed the concept on to others. Even if I don't succeed, someone will succeed (Tidak masalah jika saya gagal. Setidaknya saya telah menyampaikan konsep ini kepada orang lain. Bahkan jika saya tidak berhasil, seseorang akan berhasil)
  19. I come to this world not to work, but to enjoy this life. I don't want to die in my office, I want to die on the beaches (Saya datang ke dunia ini bukan untuk bekerja, tetapi untuk menikmati hidup ini. Saya tidak ingin mati di kantor saya, saya ingin mati di pantai)
  20. I always tell myself that we are born here not to work, but to enjoy life. We are here to make things better for one another (Saya selalu berkata pada diri saya sendiri bahwa kita dilahirkan di dunia ini bukan untuk bekerja, tetapi untuk menikmati hidup. Kita di sini untuk membuat segalanya lebih baik bagi satu sama lain)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com