Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Waktu Terlarang Minum Teh Hijau, Kapan Saja?

Kompas.com - 04/07/2023, 06:15 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teh hijau adalah salah satu minuman herbal populer yang sudah dikenal akan manfaatnya bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Dilansir dari Medical News Today, beberapa orang menggunakan teh hijau dalam pengobatan tradisional China dan India untuk mengendalikan pendarahan darah, menyembuhkan luka, membantu pencernaan, meningkatkan kesehatan jantung dan mental, serta mengatur suhu tubuh.

Selain itu, studi menunjukkan bahwa teh hijau memiliki efek positif pada penurunan berat badan, gangguan hati, diabetes tipe 2, penyakit alzheimer, dan banyak lainnya.

Untuk itu, penting untuk diketahui kapan waktu yang harus dihindari untuk minum teh hijau agar bisa mendapatkan manfaatnya.

Baca juga: 5 Manfaat Minum Teh Hijau yang Dicampur Lemon, Apa Saja?

Lantas, kapan waktu terlarang minum teh hijau?

 

Waktu yang harus dihindari saat minum teh hijau

Dilansir dari Health Shots, berikut adalah beberapa waktu yang harus dihindari mengonsumsi teh hijau:

1. Jangan minum teh hijau sebelum tidur

Waktu pertama yang harus Anda hindari ketika ingin minum teh hijau yaitu jangan meminumnya terlalu dekat dengan waktu tidur. Ini penting dilakukan, terlebih bagi Anda yang memiliki masalah terkait waktu tidur.

Meskipun dikenal karena sifatnya yang menenangkan, namun bukan berarti bahwa teh dapat membuat Anda mudah untuk tertidur.

Sama seperti kopi, teh mengandung kafein yang dapat mengganggu pelepasan melatonin yang dapat mencegah Anda tidur nyenyak.

Baca juga: Tabel Berat Badan Ideal Pria dan Wanita yang Direkomendasikan Kemenkes


2. Jangan minum teh hijau di pagi hari saat perut kosong

Beberapa orang mungkin mempercayai bahwa mengonsumsi teh saat perut kosong di pagi hari bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, salah satunya membantu metabolisme tubuh.

Kendati demikian, meskipun teh bermanfaat di minum di pagi hari, namun antioksidan kuat dan polifenol yang ada dalam teh hijau cenderung meningkatkan produksi asam lambung yang mungkin dapat mengganggu perut Anda.

Sehingga, sebagian orang mungkin akan merasa mual dan memiliki rasa ingin muntah saat mengonsumsi teh hijau di pagi hari saat perut kosong.

Baca juga: Sederet Manfaat Teh Hijau dan Efek Sampingnya, Menurunkan Berat Badan tapi Memicu Gelisah

3. Jangan minum teh hijau setelah mengonsumsi obat

Jika Anda memiliki kebiasaan meminum obat dengan secangkir teh hijau, maka cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut.

Mengonsumsi teh hijau bersama atau tepat setelah minum obat dapat membahayakan kesehatan. 

Hal ini karena, bahan kimia yang ada dalam obat-obatan tersebut dapat bereaksi dengan teh hijau yang dapat menyebabkan keasaman.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com