Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Kasus Tuduhan Plagiat Ed Sheeran, Lagu "Thinking Out Loud" Terbebas dari "Let's Get It On"

Kompas.com - 08/05/2023, 10:30 WIB
Erwina Rachmi Puspapertiwi,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penyanyi sekaligus penulis lagu Ed Sheeran memenangkan gugatan atas tuduhan memplagiat lagu milik Marvin Gaye, penyanyi era tahun 1960-an.

Ed Sheeran dituduh menggubah lagu "Let's Get It On" yang dinyanyikan Marvin Gaye pada 1973 menjadi lagu "Thinking Out Loud" yang dia rilis di 2014.

Tuduhan tersebut dilayangkan pada 11 Juli 2017 oleh ahli waris dari Ed Townsend, penulis dan komposer lagu yang membuat lagu klasik milik Gaye.

Butuh waktu hampir enam tahun hingga penyanyi asal Inggris ini terlepas dari tuduhan plagiasi. 

Di sisi lain, Marvin Gaye meninggal pada 1984 saat berusia 44 tahun setelah ditembak oleh ayahnya dalam pertengkaran domestik.

Baca juga: Kisah di Balik Lagu Let It Be dari The Beatles, Motivasi Move On Paul McCartney


Tuduhan plagiat lagu

Dilansir dari National World, David Pullman seorang bankir dan perusahaan bernama Structured Asset Sales (SAS) menuduh bahwa Sheeran dan rekan penulisnya Amy Wadge menyalin tanpa izin lagu milik Gaye.

Plagiasi ini meliputi melodi, irama, permainan drum dan bass, bahkan paduan suara dalam lagu "Thinking Out Loud" yang disebut mirip dengan "Let's Get It On".

Pullman yang memiliki hak waris Ed Townsend menuntut ganti rugi 100 juta dolar AS atau Rp 1,5 triliun.

Sheeran membantah tuduhan pelanggaran hak cipta tersebut dan mengajukan mosi pembatalan kasus. Namun, hakim Distrik AS Louis Stanton menolaknya pada September 2022.

Gugatan pun berlanjut hingga pengadilan dengan tergugat Ed Sheeran, label Warner Music, dan penerbit musiknya Sony Music Publishing.

"Saya benar-benar frustrasi karena klaim tidak berdasar seperti ini diizinkan untuk dibawa ke pengadilan,” ujar Ed Sheeran.

Keluarga Townsend sangat mendukung kasus ini. Menurut mereka, pencurian semacam ini merupakan contoh eksploitasi karya penyanyi dan penulis lagu kulit hitam.

"Ini harus dihentikan. Kita memiliki cukup banyak kekacauan yang terjadi di dunia saat ini, selain harus berdiri di sini dan khawatir tentang orang lain yang mencuri milik orang lain," kata Kathryn Townsend Griffin, putri Ed Townsend, dikutip Vulture.

Baca juga: Ramai Young Lex Dituding Plagiat Lit Milik Lay EXO, Cek Dua Videonya

Mengaku akan berhenti bermusik

Atas tuduhan ini, Ed Sheeran bersumpah akan berhenti menyanyi jika ia terbukti melakukan plagiasi atas laku yang diciptakannya.

"Jika itu terjadi, saya selesai, saya berhenti," kata Sheeran dilansir dari Los Angeles Times.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com