Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Micin Dijadikan sebagai Masker Wajah, Ini Kata Dokter Kulit

Kompas.com - 07/04/2023, 13:25 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Unggahan foto yang menyebutkan micin dijadikan sebagai masker wajah ramai di media sosial.

Unggahan tersebut dibuat oleh akun Twitter ini pada Kamis (6/4/2023).

Dalam unggahan tersebut terlihat seorang wanita sedang menuangkan micin atau MSG ke dalam sebuah piring yang di dalamnya sudah ada beberapa bahan terlebih dahulu.

"Maskeran pake micin? emg boleh ya? mana itu di campur madu, kunyit, susu bubuk, yg mana itu produk makanan semua wkwk," tulis pengunggah.

Baca juga: Ramai Masker Wajah dari Yoghurt dan Bisa Dimakan, Ini Kata Dokter

Hingga Jumat (7/4/2023) pagi, unggahan tersebut sudah dilihat sebanyak 86.400 kali dan mendapatkan 85 komentar dari warganet.

Baca juga: Viral, Video TKW Hong Kong Dikenai Denda Rp 9 Juta karena Beli Gamis Rp 200.000, Bea Cukai: Itu Penipuan

Respon warganet

Unggahan tersebut menuai komentar dari warganet. Beberapa di antaranya mengatakan bahwa penggunaan micin sebagai masker bisa berbahaya bagi kulit. 

"Gak takut iritasi apa, ntar lu ke dokter makin mahal biayanya. Padahal sekarang banyak skincare yg aman harganya terjangkau masih aja pada nyoba ala-ala DIY gitu," ungkap akun ini

"EMAK AKU KEMAKAN INI VIDEO. BENERAN GA SIH? AKU SAMPE MUAK MUKA GUE DIUNYEL2 PAKE MASKER GA JELAS INI," tulis akun ini.

"Gausah percaya sm yg aneh aneh begituan nder, ntar nyesel :(," kata akun ini.

"BAPA GUA JUGA GITU NDER DAH CAPE GUA NGASIH TAUNYA NGOMEL TIAP HARI, TERUS PAS GUA DAH GA NGOMEL-NGOMEL LAGI BARU BERENTI BLIO," tulis akun ini.

Lantas, bolehkan micin dijadikan sebagai campuran untuk masker wajah?

Dokter kulit: tidak disarankan

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin sekaligus Dosen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin di Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman Ismiralda Oke menyampaikan, madu dan susu memang sudah dikenal sebagai bahan alami yang memiliki kandungan cukup baik untuk campuran dalam perawatan kulit.

Namun, micin (MSG) yang biasa digunakan untuk bahan penyedap rasa pada makanan tidak disarankan untuk digunakan sebagai bahan perawatan kulit.

"Micin tidak disarankan untuk dijadikan campuran dalam bahan perawatan kulit, termasuk masker," ujarnya kepada Kompas.com, Jumat (7/4/2023).

"Penggunaan micin, madu, susu, dan beberapa bahan lainnya itu menimbulkan kontradiksi. Maunya menggunakan bahan alami, tapi kok ditambah bahan kimia," sambungnya.

Baca juga: Ramai soal Fenomena Awan Bertopi di Puncak Merapi, Ini Penjelasan BPPTKG dan BMKG

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com