Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini Earth Hour 2022 Pukul 20.30, Gerakan 1 Jam Padamkan Lampu

Kompas.com - 26/03/2022, 10:30 WIB
Taufieq Renaldi Arfiansyah,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Earth Hour yang diperingati tiap tahun adalah upaya menjaga lingkungan dan mengatasi dampak perubahan iklim di dunia.

Sudah lebih dari 190 negara yang mengikuti gerakan ini untuk menigkatkan kesadaran akan permasalahan demi kepentingan manusia dan planet bumi.

Dilansir dari WWF.id, gerakan global ini mengajak individu, komunitas, praktisi bisnis, dan pemerintah di seluruh dunia untuk berkontribusi terhadap upaya penanggulangan iklim.

Nantinya, ketika hari Earth Hour diperingati termasuk pada Earth Hour 2022 ini, secara simbolis orang-orang akan melakukan aksi mematikan lampu dan peralatan elektronik yang tak digunakan selama sejam atau 60 menit.

Aksi ini diperingati pada Sabtu terakhir di bulan Maret setiap tahunnya pukul 20.30 hingga 21.30.

Baca juga: Gerakan Mematikan Lampu Selama Satu Jam, Catat Tanggal Earth Hour 2022

Sejarah Earth Hour

Pada 2007, Earth Hour pertama kali dilakukan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) di Sydney, Australia.

Pada waktu itu, acara tersebut dilakukan secara simbolis dengan mematkan lampu untuk meningkatakan kesadaran akan perubahan iklim.

Dilansir dari Ipra, Direktur Eksekutif Earth Hour Global WWF Andy Ridley kala itu menyebut gerakan ini lahir dari rasa frustasi.

Sekitar 2004, data perubahan iklim yang serius mulai muncul kepermukaan, namun Andy dan tim tidak dapat melakukan sesuatu yang dapat menarik perhatian untuk masalah tersebut.

Kemudian, mereka mencari cara untuk mengingatkan orang tentang perubahan iklim dengan cara yang sederhana dan dapat dilakukan di seluruh dunia.

"Yang penting, kami ingin memulai sesuatu yang tidak berfokus pada keputusasaan masyarakat pada masalah perubahan iklim jangka panjang yang dihadapi umat manusia. Kami menginginkan sesuatu yang benar-benar positif," ujar Andy.

Baca juga: Malam Ini Earth Hour, Matikan Lampu Selama Satu Jam, Begini Sejarahnya

Proyek ini bermulai dari sebuah pertemuan antara tim Andy di WWF dengan agen periklanan global Leo Burnet.

Dari pertemuan tersebut muncuk ide konsep dengan mengeksplorasi pendekatan untuk mengurangi konsumsi daya yang dapat menangkap imajinasi dari banyak orang.

Konsep tersebut disambut baik oleh semua orang. Kemudian, Editor Eksekuti Grup Fairfax Phil McLean juga mendukung konsep tersebut dan memberi kesempatan untuk melakukan presentasi.

Setelah melakukan presentasi dengan dewan Fairtax, akhirnya Fairfax setuju untuk mendukung konsep tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com