Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Olahraga di Malam Hari Baik bagi Tubuh?

Kompas.com - 08/11/2020, 19:27 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Melakukan olahraga di pagi atau sore hari sudah biasa dilakukan masyarakat pada umumnya. Akan tetapi bagaimana dengan olahraga malam?

Saat seseorang berolahraga biasanya akan keluar keringat. Apakah baik jika berkeringat pada malam hari?

Dikutip laman Harvard, April 2019, menurut sebuah studi yang diterbitkan 29 Oktober 2018 di Sports Medicine, Anda dapat berolahraga di malam hari selama Anda menghindari aktivitas berat setidaknya satu jam sebelum tidur.

Para peneliti memeriksa 23 studi yang mengevaluasi permulaan dan kualitas tidur pada orang dewasa sehat yang melakukan satu sesi olahraga malam dibandingkan dengan orang dewasa serupa yang tidak melakukannya.

Baca juga: Olahraga Malam Hari Ampuh Atasi Hipertensi pada Pria

Membantu tidur nyenyak

Mereka menemukan bahwa olahraga malam membantu orang tertidur lebih cepat dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur nyenyak.

Namun, mereka yang melakukan latihan intensitas tinggi (seperti latihan interval) kurang dari satu jam sebelum tidur membutuhkan waktu lebih lama untuk tertidur dan memiliki kualitas tidur lebih buruk.

Adapun kesimpulan dari penelitian tersebut adalah berolahraga secara teratur setiap saat sepanjang hari dapat ditambahkan ke daftar kebiasaan Anda. Tetapi hindari aktivitas fisik yang berat di malam hari.

Menurunkan berat badan

Dilansir Time, (27/2/2019), olahraga malam hari juga dapat membantu seseorang untuk menurunkan berat badan.

Sebuah makalah tahun 2019 yang diterbitkan dalam jurnal Experimental Physiology menemukan bahwa olahraga di malam hari tidak mengganggu tidur.

Selain itu, seiring waktu juga dapat mengurangi kadar hormon ghrelin yang merangsang rasa lapar dan dapat membantu menurunkan atau mengelola berat badan.

Baca juga: Apa Efeknya bagi Kesehatan kalau Sering Olahraga Malam-malam?

Dikutip Healthline, merencanakan olahraga malam mungkin berarti Anda mendapatkan waktu istirahat ekstra di pagi hari. Tetapi ada manfaat lainnya juga.

Sebuah studi menemukan bahwa kemampuan tubuh Anda mencapai puncaknya pada sore hari.

Suhu tubuh Anda meningkat sepanjang hari, mengoptimalkan fungsi dan kekuatan otot, aktivitas enzim, dan daya tahan untuk kinerja.

Antara jam 2 siang dan 6 sore, suhu tubuh Anda paling tinggi. Ini mungkin berarti jika Anda berolahraga selama periode waktu tubuh Anda paling siap, akan berpotensi menjadikannya waktu yang paling efektif untuk berolahraga.

Selain itu, kinetika pengambilan oksigen lebih cepat di malam hari, yang berarti Anda menggunakan sumber daya Anda lebih lambat dan efektif daripada di pagi hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com