Beda dengan Trump, Ini 9 Rencana Biden Tangani Pandemi Corona di AS

Kompas.com - 08/11/2020, 16:15 WIB
Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris AP Presiden terpilih Amerika Serikat Joe Biden dan Wakil Presiden terpilih Kamala Harris

KOMPAS.com - Dengan 290 elektoral yang diraih di pilpres AS sejauh ini, Joe Biden berhak melenggang ke Gedung Putih dan menduduki kursi nomor satu di "Negeri Paman Sam".

Biden unggul telak dari Trump yang sejauh ini hanya memperoleh 214 suara elektoral. Begitu pula dari sisi popular votes.

Kemenangan Biden pun telah diberitakan oleh berbagai media dan para pemimpin dunia juga sudah mengucapkan selamat.

Seperti diketahui sebelumnya, persaingan dua kandidat Presiden AS tahun ini sangat ketat dan menegangkan, baik dari sebelum ataupun setelah pemilihan umum dilakukan.

Ada sejumlah perbedaan pandangan dari kedua kandidat tersebut terkait isu tertentu. Salah satunya adalah soal penanganan pandemi virus corona.

Baca juga: Joe Biden Menang Pemilu AS, Ini 5 Strateginya Kalahkan Donald Trump

Penanganan pandemi Covid-19

Melansir Business Insider, Sabtu (7/11/2020), selama kampanyenya, Biden menuduh Trump tidak memiliki rencana untuk membuat AS keluar dari pandemi ini.

Biden pun mengajukan rencananya sendiri terkait virus corona pada 12 Maret 2020, yaitu sehari setelah Trump mengatakan bahwa virus ini memiliki risiko sangat rendah bagi warga AS.

Saat ini, AS menjadi negara dengan jumlah kasus Covid-19 tertinggi di dunia yaitu lebih dari 10 juta kasus. Jumlah kasus harian di AS telah melewati angka 100.000 selama tiga hari berturut-turut.

"Kita akan memasuki musim dingin yang gelap," kata Biden pada debat terakhir presiden yang digelar Oktober lalu.

Saat mulai menjabat di bulan Januari mendatang, kemungkinan ia harus "mewarisi" kondisi krisis yang sudah lebih buruk.

Baca juga: Sampaikan Pidato Kemenangan, Kamala Harris Puji Joe Biden yang Berani Memilihnya

Rencana Biden

Untuk itu, Biden telah memaparkan sejumlah rencana untuk mengontrol kasus virus corona di AS, yaitu sebagai berikut:

1. Ketersediaan tes yang meluas

Biden meminta ketersediaan tes yang meluas melalui program pengembangan tes yang didukung pemerintah. Ia juga berniat untuk meningkatkan produksi tes diagnostik rumah dan membangun setidaknya 10 lokasi pengujian drive-thru untuk setiap negara bagian.

Ia juga berjanji akan membuat kode diagnostik darurat untuk pasien Covid-19 di Medicare dan Medicaid.

2. Memperluas kewajiban penggunaan masker

Penggunaan masker disebut akan ditegakkan, yaitu melalui kewajiban menggunakan masker secara nasional. 

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X