Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keterlibatan Jepang dalam Perang Dunia II

Kompas.com - 17/01/2024, 12:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

KOMPAS.com - Perang Dunia II dimulai di Eropa pada 1 September 1939, saat Jerman menginvasi Polandia.

Pada 7 Desember 1941, Jepang secara resmi terlibat dalam Perang Dunia II, khususnya di teater Asia-Pasifik, atau dikenal sebagai Perang Asia Timur Raya.

Keterlibatan Jepang dalam Perang Dunia II ditandai dengan serangannya terhadap Pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbor, Hawaii.

Mengapa Jepang melibatkan diri dalam Perang Dunia II? Berikut ini sejarah keterlibatan Jepang dalam Perang Dunia II.

Baca juga: Peristiwa yang Menandai Berakhirnya Perang Dunia II

Kenapa Jepang terlibat Perang Dunia II?

Latar belakang terjadinya Perang Asia Timur Raya atau Perang Asia Pasifik tidak dapat dipisahkan dari merebaknya Pan-Asianisme atau nasionalisme Asia, serta paham fasisme dan ultranasionalisme di Jepang.

Pan-Asianisme adalah gerakan yang menyerukan solidaritas dan persatuan masyarakat Asia untuk melawan pengaruh Barat, yang menjalankan praktik imperialisme dan kolonialisme di kawasan Asia sejak abad penjelajahan samudra.

Menjelang akhir abad ke-19, Jepang berhasil lolos dari ketertinggalannya dan mengejar modernisasi gaya Barat.

Jepang menganggap bangsanya sebagai keturunan Dewa Matahari dan percaya bahwa Ras Yamato adalah ras yang jauh lebih mulia dibanding yang lainnya.

Jepang percaya bahwa kemajuannya tidak dapat bertahan tanpa membebaskan bangsa Asia dari kemiskinan dan penjajahan bangsa Barat.

Oleh sebab itu, Jepang mempunyai misi untuk memimpin orang Asia keluar dari stagnasi dan cengkeraman bangsa Barat.

Hal ini yang membuat Jepang merasa berhak meluaskan kekuasaan sampai ke negara-negara lain untuk menciptakan apa yang disebutnya Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya.

Baca juga: Titik Balik Perang Dunia II yang Membuat Sekutu Menang

Selain itu, penyebab Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik adalah Jepang sangat bergantung pada bahan mentah yang harus dibeli dari luar negeri.

Agar kebutuhan tersebut terpenuhi, Jepang harus menguasai tanah jajahan di Asia Timur dan Tenggara, yang saat itu masih dikuasai negara-negara Eropa.

Sebelum melakukan ekspansi ke negara-negara di kawasan Asia, Jepang lebih dulu menyerang Pearl Harbor dengan angkatan bersenjatanya yang kuat dan banyak.

Alasan Jepang menyerang Pearl Harbour adalah sebagai antisipasi untuk mencegah armada Pasifik AS melakukan tindakan militer terhadap Kekaisaran Jepang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com