Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samba, Tarian Asal Brasil yang Berakar dari Afrika

Kompas.com - 04/07/2022, 10:00 WIB
Widya Lestari Ningsih

Penulis

KOMPAS.com - Tari Samba adalah tarian yang berasal dari negara Brasil dengan ciri khas gerakan yang lincah dan penuh hentakan.

Apabila ditelusuri sejarahnya, tarian yang populer di Eropa Barat dan Amerika Serikat pada awal 1940-an ini memiliki akar budaya dari Afrika.

Kini, tari Samba menjadi identitas budaya bagi orang Brasil dan merupakan salah satu tarian terpopuler di dunia dari Amerika Selatan.

Baca juga: Sejarah Pemindahan Ibu Kota Brasil dari Rio de Janeiro ke Brasilia

Asal tari Samba

Istilah "samba" merujuk pada salah satu tarian duet yang berasal dari Kongo dan Angola.

Tari Samba diperkenalkan oleh orang-orang Afrika setibanya di Brasil pada abad ke-19.

Hal itu terjadi pada masa perbudakan orang-orang Afrika, yang ditempatkan oleh para penjajah Eropa di perkebunan di Brasil.

Tari Samba diciptakan dari budaya dan musik tradisional Afrika. Namun, dalam perkembangannya, musik tarian Samba telah dipengaruhi oleh banyak genre musik dan tarian Amerika Latin.

Setelah era perbudakan berakhir, para penari Samba pindah ke Favela atau kota kumuh di Brasil. Di Favela, mereka membentuk kelompok tari untuk festival atau karnaval.

Dari situlah, tari Samba semakin digemari dan populer hingga ke luar Favela, yang umumnya ditampilkan dalam sebuah karnaval atau festival tari.

Baca juga: Favela, Pemukiman Sarang Kriminal di Brasil

Penyebaran tari Samba

Tari Samba baru mendapatkan momentum untuk dikenal luas pada 1920-an.

Dari Favela, tari Samba berkembang di Rio de Janeiro, kemudian menyebar ke seluruh penjuru Brasil dan negara-negara Amerika Latin.

Kini, Samba dikenal sebagai tarian khas Brasil yang kerap meramaikan festival.

Salah satu penari Samba yang terkenal adalah Carmen Miranda, seorang penari asal Brasil yang memperkenalkan tarian ini ke Amerika Serikat.

Selain Carmen Miranda, ada juga Vania West, seorang penari dan koreografer terkenal yang telah memperkenalkan Samba hingga ke Eropa, Afrika, dan sebagian negara Asia.

Di samping menjadi identitas budaya bagi orang Brasil, kini tari Samba menjadi salah satu tarian terpopuler di dunia dari Amerika Selatan.

Itulah mengapa, Brasil disebut dengan negara Samba.

Baca juga: Tarian Suling Dewa, Tari Pemanggil Hujan asal Lombok

Jenis tari Samba

Tari Samba memiliki ciri khas gerakan yang lincah dan penuh hentakan. Kendati demikian, tidak ada rangkaian gerakan khusus dalam tari Samba.

Berikut ini beberapa jenis tari Samba.

  • Samba no pe
  • Samba de Gafieira
  • Samba Pagode
  • Samba Axe
  • Samba-reggae
  • Samba-rock
  • Samba de roda
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com