Hubungan Indonesia-Rusia: "Kemesraan" Jakarta-Moskwa di Era Sukarno

Kompas.com - 02/07/2022, 16:00 WIB

KOMPAS.com - Sejarah hubungan Indonesia dan Rusia yang telah terjalin selama 72 tahun, terbilang cukup unik.

Pada era pemerintahan Presiden Sukarno, Indonesia memiliki hubungan "mesra" dengan Rusia yang kala itu masih bernama Uni Soviet.

Meski sejarah hubungan diplomatik Indonesia dan Rusia baru resmi dimulai pada 1950, "kemesraan" kedua negara itu sebenarnya telah terjalin sejak masa awal kemerdekaan.

Baca juga: Sejarah Hubungan Rusia dan Ukraina

Kedekatan ideologi antara Uni Soviet dan para pemimpin gerakan kemerdekaan Indonesia, terutama Sukarno dan Tan Malaka, melatarbelakangi hubungan harmonis kedua negara pada masa itu.

 

Dukungan Uni Soviet untuk Kemerdekaan Indonesia

Uni Soviet juga menjadi negara pertama yang mengakui kedaulatan Republik Indonesia (RI) yang memproklamasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945.

Sejak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) didirikan pada 1945, Uni Soviet telah berkali-kali mengangkat masalah kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia untuk diperjuangkan.

Uni Soviet selalu mengecam kolonialisme Belanda serta mendukung Indonesia untuk menjadi negara merdeka dan berdaulat.

Bukan hanya itu, Uni Soviet juga menjadi negara yang dengan tegas menuntut dihentikannya agresi militer Belanda ke Indonesia.

Kecaman Uni Soviet terhadap agresi militer Belanda disuarakan oleh delegasi mereka, Dmitry Manuilsky, dalam pertemuan Dewan Keamanan PBB di London pada 21 Januari 1946.

Dia menuntut Dewan Keamanan PBB yang baru dibentuk, untuk mengambil langkah tegas menghentikan agresi militer Belanda ke Indonesia.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.