Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

12 Jenis atau Tipe Data dalam Microsoft Excel

Kompas.com - 05/02/2024, 15:52 WIB
Retia Kartika Dewi

Penulis

KOMPAS.com - Microsoft Office Excel dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula pada lembar kerjanya.

Dilansir dari buku Rumus & Fungsi Terapan pada Microsoft Excel untuk Mengolah Data dan Laporan (2021) oleh Madcoms, formula atau rumus Microsoft Excel memiliki keunggulan tersendiri untuk mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.

Baca juga: 5 Kelebihan Microsoft Excel dan Penjelasannya

Jenis tipe data Ms. Excel

Microsoft Excel memiliki beberapa jenis tipe data yang berhubungan dengan angka dan teks.

Dikutip dari buku Eksplorasi Informatika (2019) oleh Yohan Adi Setiawan, jenis tipe data dalam Ms. Excel, yakni:

  1. General
  2. Number
  3. Currency
  4. Accounting
  5. Short date
  6. Long date
  7. Time
  8. Percentage
  9. Fractions
  10. Scientific
  11. Text
  12. Formula

Adapun tipe data pada excel dengan tiga macam jenis data yang bisa kita inputkan ke dalam lembar kerja atau worksheet. Yakni tipe data Label, Value, dan Formula.

Berdasarkan buku Pintar Microsoft Excel (2021) oleh M. Muharrom Al Haromainy, berikut penjelasan mengenai 3 tipe data Label, Value, dan Formula.

Baca juga: Apa Fungsi Utama Microsoft Excel? Ini Penjelasannya ....

  • Data label/string

Jenis data label sering juga disebut sebagai data Character, String, atau Teks. Tipe data label pada Excel adalah jenis data yang tersusun oleh kumpulan karakter huruf (A-Z/a-z), atau karakter simbol (!,@,#, dan lainnya).

Ciri utama jenis data string atau data teks pada Excel yang tidak dapat dioperasikan oleh operator matematika dalam Excel. Jadi, tidak bisa ditambah, dikurang, dikali, atau dibagi.

Dta string biasanya digunakan sebagai bagian dari deskripsi sebuah informasi. Misalnya, digunakan untuk menunjukkan nama, header, sebuah tabel, atau deskripsi-deskripsinya.

Baca juga: Cara Membuat Ranking Menggunakan Rumus Excel

  • Data Numeric/Value/Angka

Jenis data numeric sering juga disebut sebagai data angka. Tipe data numeric pada Excel adalah jenis data yang tersusun oleh kumpulan angka, misalnya 1,4,6,100,1000, dan seterusnya.

Ciri utama tipe data numeric/value adalah dapat digunakan dalam operasi perhitungan aritmatika, misalnya, penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Ciri lain dari tipe data numeric/value adalah secara default jika kita masukkan ke dalam sel, maka data jenis ini akan ditampilkan rata kanan.

Jika data string (teks) dicampur dengan data numeric (angka), maka hasilnya ada string (teks) seperti contohnya 50 kg, 7 liter, 2 kardus, 3 lusin, dan lainnya, maka data string tidak bisa dijumlahkan karena data tersebut termasuk teks.

Baca juga: Cara Membuat Mail Merge di Microsoft Excel

  • Data Formula

Tipe data formula ini bisa dikenali dengan adanya karakter sama dengan (=) pada awal susunan.

Tipe data ini biasa digunakan untuk memberikan perintah tertentu kepada Excel atau melakukan kalkulasi perhitungan tertentu sesuai dengan fungsi dan susunan formulanya.

Itulah penjelasan mengenai pengertian ms. Excel beserta jenis tipe datanya.

Baca juga: 11 Macam Grafik di Microsoft Excel beserta Gambar, Apa Saja?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com