Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Kebutuhan Air Tanah Artesis

Kompas.com - 18/12/2023, 18:00 WIB
Rahma Atillah,
Silmi Nurul Utami

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Air tanah adalah salah satu penunjang kehidupan manusia. Salah satu air tanah yang banyak dimanfaatkan adalah air tanah artesis. 

Apa itu air tanah artesis dan bagaimana kita memanfaatkannya? Simaklah penjelasannya di bawah ini!

Pengertian air artesis

Air tanah artesis adalah air tanah yang letaknya jauh di dalam tanah, umumnya berada di antara dua lapisan yang kedap air.

Lapisan pengandung air adalah suatu lapisan atau formasi batuan yang mengandung cukup bahan lulus atau sarang untuk melepaskan air dalam jumlah yang berarti sebagai sumber air.

Baca juga: Air Tanah: Pengertian, Proses, dan Manfaatnya

Umumnya, air tanah artesis terdapat pada akuifer antara dua lapisan kedap air dan letaknya jauh di dalam tanah sehingga mendapat tekanan yang besar.

Sumber air tanah artesis berasal dari proses purifikasi alami air hujan oleh lapisan kulit bumi menjadi tanah, sehingga menyebabkan sumber airnya tidak terkontaminasi.

Mengapa kita membutuhkan air tanah artesis?

Air tanah artesis diambil melalui pembuatan saluran air tanah dengan lapisan paling dalam.

Air tanah artesis memiliki peran yang penting sebagai sumber daya yang melengkapi air permukaan agar pasokan air yang dipergunakan mencukupi kebutuhan.

Secara garis besar, air tanah artesis dimanfaanfatkan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga, kebutuhan industri, dan sumber air minum.

Baca juga: Jenis Air Tanah: Freatik dan Artesis

Kebutuhan rumah tangga

Ketersediaan air tanah  artesis dalam skala rumah tangga digunakan untuk menunjang kebutuhan sehari-hari misalnya mandi, memasak, mencuci, dan lain sebagainya.

Dari sisi ekonomi, penggunaan air tanah artesis melalui sumur bor dianggap lebih terjangkau dibandingkan dengan berlangganan air PDAM.

Kebutuhan industri

Manusia memanfaatkan air artesis tidak hanya sebatas untuk keperluan rumah tangga saja, namun juga dimanfaatkan dalam kebutuhan industri.

Air tanah artesis dapat dipergunakan untuk keperluan industri, pertanian, pemadam kebakaran, tempat rekreasi, transportasi dan lainnya.

Baca juga: 5 Faktor Penyebab Berkurangnya Air Tanah

Pemanfaatan air tanah artesis dalam skala industri harus melalui permohonan atas dinas terkait.

Di mana, pemilik badan usaha harus mengetahui, menyiapkan dan melengkapi syarat-syarat yang sudah ditentukan. 

Sumber air minum

Air tanah artesis umumnya meminimalisasi pengaruh kontaminasi. Sehingga, dapat diperuntukkan sebagai sumber air minum bagi masyarakat. 

Sumber air yang digunakan sebagai air minum ialah air yang tidak tercemar secara berlebihan oleh zat-zat kimia, mineral, serta zat-zat berbahaya lainnya.

Baca juga: Sumber Air Tanah

Referensi:

  • Panguriseng, Darwis. 2018. Pengelolaan Air Tanah. Yogyakarta: Pustaka AQ.
  • Popi Rejekiningrum. 2009. Peluang Pemanfaatan Air Tanah Untuk Keberlanjutan Sumber Daya Air. Jurnal Sumberdaya Lahan Vol. 3 No. 2.
  • Thomas Triadi Putranto. 2021. Pemodelan Air Tanah. Semarang: UNDIP Press.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com