Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Dasar dalam Mengambil Keputusan dan Penjelasannya

Kompas.com - 07/11/2023, 05:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kehidupan manusia selalu dihadapkan oleh sebuah keputusan, sehingga pengambilan keputusan pasti terjadi setiap saat sepanjang hidup manusia.

Pengambilan keputusan adalah proses memilih suatu alternatif cara bertindak dengan metode yang efisien sesuai situasi, di mana proses tersebut dilakukan untuk menemukan dan menyelesaikan suatu masalah.

Pengambilan keputusan berfungsi sebagai sesuatu yang bersifat futuristik atau menyangkut keadaan yang akan datang, yang efeknya berlangsung lama.

Dalam mengambil keputusan, penting untuk mempertimbangkan berbagai aspek dan kemungkinan agar keputusan yang diambil dapat selaras dengan tujuan yang akan dicapai.

Baca juga: Penerapan Ilmu Sosiologi bagi Pembuat Keputusan

Lantas, apa saja yang dapat dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan? Berikut 5 dasar dalam mengambil keputusan menurut George R. Terry:

Intuisi

Pengambilan keputusan berdasarkan intuisi adalah pengambilan keputusan yang didasarkan pada perasaan yang sifatnya subyektif.

Dalam pengambilan keputusan berdasarkan intusi, meski waktu yang digunakan untuk mengambil keputusan relatif pendek, namun keputusan yang dihasilkan seringkali relatif kurang baik karena mengabaikan dasar-dasar pertimbangan lainnya.

Pengambilan keputusan dengan intuisi akan lebih tepat diterapkan pada masalah-masalah yang berkaitan dengan kemanusiaan.

Baca juga: Keputusan Bersama: Pengertian dan Cara Menghasilkannya

Pengalaman

Pengambilan keputusan berdasarkan pengalaman memberi manfaat bagi pengetahuan praktis, karena dengan pengalaman yang dimiliki maka seseorang tersebut dapat mempertimbangkan keputusannya dengan seksama.

Melalui pengalaman, maka seseorang dapat memperkirakan keadaan mengenai sesuatu, memperhitungkan untung-ruginya, serta baik-buruknya keputusan yang akan dihasilkan.

Pengalaman berperan penting sebagai dasar dalam pengambilan keputusan, sebab melalui pengalaman maka seseorang akan lebih bijak dalam mengambil keputusan.

Baca juga: Cara Mengambil Keputusan Bersama

Fakta

Pengambilan keputusan berdasarkan data dan fakta empiris dapat memberikan keputusan yang meyakinkan, sebab keputusan tersebut bersifat nyata dan tidak dibuat-buat.

Selain itu, pengambilan keputusan yang didasarkan fakta umumnya bersifat sehat, solid dan baik sehingga akan memberi manfaat bagi seseorang.

Dengan fakta, maka tingkat kepercayaan terhadap pengambil keputusan akan lebih tinggi, sehingga orang dapat menerima keputusan yang dibuat tersebut dengan rela dan lapang dada.

Baca juga: Fakta Sosial: Pengertian dan Contohnya

Wewenang

Wewenang berkaitan dengan kekuasaan yang dimiliki oleh pimpinan atau pejabat dalam suatu organisasi, di mana wewenang merupakan hak seorang pimpinan dalam mengambil keputusan atau melakukan tindakan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com