Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keputusan Bersama: Pengertian dan Cara Menghasilkannya

Kompas.com - 16/12/2022, 22:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Dalam kehidupan bersama, seperti kehidupan dalam keluarga, sekolah, maupun masyarakat, kita pasti pernah menghadapi suatu masalah.

Biasanya masalah tersebut melibatkan satu orang atau lebih maka penyelesaiannya tidak boleh dilakukan secara sepihak atau sewenang-wenang.

Dalam hal ini, semua pihak yang terlibat harus disertai dalam proses pemecahan masalah bersama. Adapun hasilnya harus merupakan keputusan bersama.

Lalu apa pengertian keputusan bersama dan caranya? Berikut penjelasannya: 

Baca juga: Musyawarah Mufakat: Pengertian, Nilai, Ciri-Ciri, dan Pelaksanaanya

Pengertian keputusan bersama

Keputusan bersama adalah kesepakatan yang dibuat oleh anggota atau kelompok berdasarkan kesadaran dan pemahaman secara rasional.

Semua keputusan itu diambil setelah melalui pemikiran dan pertimbangan secara logika yang mendalam. Umumnya, keputusan bersama diambil dengan tujuan agar menguntungkan semua pihak.

Dalam sejarah Indonesia, berbagai keputusan yang diambil secara bersama-sama oleh semua komponen bangsa seringkali menjadi tonggak bagi perjuangan bangsa kita.

Sebagai contoh, Sumpah Pemuda dilahirkan dari keputusan bersama yang diambil oleh berbagai organisasi kepemudaan. Hasilnya adalah terciptanya rasa persatuan dan kesatuan di kalangan penduduk Indonesia.

Cara mengambil keputusan bersama 

Ada beberapa cara untuk menghasilkan keputusan bersama antara lain: 

  • Percaya pada keputusan orang yang lebih tua atau berwibawa

Cara ini memiliki kelemahan karena terlalu bergantung pada keputusan seseorang. Satu sisi, apabila orang tersebut bijaksana, keputusan yang dihasilkan dapat memuaskan semua pihak. Sebaliknya, apabila orang tersebut hanya mementingkan diri sendiri, keputusan ini diambil dapat merugikan orang banyak.

Baca juga: Bagaimana Sikap Kita jika Keputusan Musyawarah Tidak Sesuai Kehendak?

  • Perundingan yang menghasilkan keputusan berdasarkan suara terbanyak.

Dalam hal ini, setiap peserta dapat menyampaikan pendapat dan keinginan mereka. Akan tetapi, pengambilan keputusan dengan cara ini memiliki kelemahan.

Pihak yang kalah dalam pemungutan suara mungkin tidak puas karena merasa kepentingannya tidak terwakili. Akibatnya golongan ini mungkin saja bersikap menghambat keputusan yang telah diambil.

  • Musyawarah untuk menghasilkan keputusan bersama

Musyawarah merupakan ciri khas bangsa Indonesia untuk menyelesaikan masalah bersama. Sebagai bangsa Indonesia, kita menjunjung tinggi persamaan derajat manusia. Oleh karena itu, pendapat setiap orang perlu kita hargai.

Sebaliknya, orang lain pun menghargai pendapat kita. Saling menghargai pendapat terjadi dalam musyawarah. Masing-masing orang mengemukakan pendapatnya dan mendengarkan pendapat orang lain.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com