Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Sumber Air, Apa Saja?

Kompas.com - 16/12/2022, 20:00 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Ani Rachman, Guru SDN No.111/IX Muhajirin, Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Sumber air dapat dipilah menjadi beberapa kelompok, yaitu air angkasa (air hujan dan salju), air permukaan (air sungai, danau, dan reservoar), serta air tanah (air dari mata air, sumur dangkal, dan sumur dalam).

Berikut penjelasannya: 

Air angkasa atau hujan

Ilustrasi air hujan canva.com Ilustrasi air hujan

Air hujan jumlahnya sangat terbatas dipengaruhi antara lain oleh musim, jumlah, intensitas, dan distribusi hujan. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh letak geografis suatu daerah. Kualitas air hujan sangat dipengaruhi oleh kualitas udara atau atmosfer di daerah tersebut.

Pencemaran yang mungkin timbul dan memengaruhi kualitas air hujan adalah debu serta gas. Secara alami, kualitas hujan relatif baik. Hanya saja jarang mengandung mineral. Air hujan banyak dimanfaatkan jika air tanah atau air permukaan sulit ditemukan. 

Baca juga: Dampak dan Pencegahan Pencemaran Air

Air permukaan

Ilustrasi air permukaan seperti sungaicanva.com Ilustrasi air permukaan seperti sungai

Air permukaan dapat berupa air yang tergenang atau air yang mengalir, misalnya air laut, air danau, dan air sungai. Air permukaan pada hakekatnya banyak tersedia di alam. Kondisi tersebut sangat beragam karena dipengaruhi oleh banyak hal berupa elemen materi meteorologi dan elemen daerah pengairan.

Kualitas air permukaan tergantung dari daerah yang dilewati oleh aliran air. Pada umumnya, kualitas air permukaan tidak terlalu baik karena banyak mengandung lempung dan substansi organik. 

Atas dasar kandungan bahan terendapkan dan bahan tersuspensi maka kualitas air sungai relatif lebih rendah daripada kualitas air danau, rawa, dan reservoir. Air permukaan umumnya dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat, setelah melalui proses tertentu.

Air Tanah

Ilustrasi air tanahcanva.com Ilustrasi air tanah

Air tanah adalah air permukaan yang meresap dalam tanah sehingga mengalami penyaringan oleh tanah, batu-batuan, maupun pasir. Ciri-ciri air tanah, yaitu memiliki suspended solids rendah dan dissolved solids tinggi. 

Permasalahan pada air tanah yang mungkin timbul adalah tingginya angka kandungan total dissolved solid (TDS), besi mangan, dan kesadahan air tanah. Air tanah dapat dimanfaatkan setelah mengalami proses penggalian atau pengeboran, misalnya sumur dan sumur bor.

Baca juga: Mengenal Sifat-sifat Air

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com