Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Maksud dari Sosiologi sebagai Ilmu Sosial yang Bersifat Rasional dan Empiris

Kompas.com - 11/08/2022, 09:30 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sosiologi termasuk ilmu sosial. Karena mengkaji dan mempelajari masyarakat, baik interaksi maupun permasalahannya.

Ilmu sosial ini menempatkan manusia sebagai makhluk yang kreatif dan aktif. Oleh sebab itu, obyek utama kajian sosiologi adalah masyarakat juga individu.

Sosiologi sebagai ilmu sosial yang bersifat rasional dan empiris. Jelaskan maksud pernyataan tersebut! 

Dikutip dari buku Sosiologi (2019) karya Ponirin dan Lukitaningsih, maksud dari sosiologi sebagai ilmu yang bersifat rasional dan empiris adalah sosiologi menyandarkan dirinya pada pemikiran logika.

Sebagai ilmu sosial yang bersifat rasional dan empiris, sosiologi juga mendasarkan pemikirannya pada fakta atau kenyataan di masyarakat.

Agar lebih memahaminya, berikut penjelasan lebih lanjut mengenai sosiologi sebagai ilmu yang bersifat rasional dan empiris:

Sosiologi sebagai ilmu sosial yang bersifat rasional dan empiris

Menurut Yusnedi Achmad dalam buku Sosiologi Politik (2019), sosiologi dikatakan rasional karena berkaitan dengan metode yang digunakannya.

Baca juga: 5 Definisi Sosiologi Menurut Para Ahli

Dengan demikian, sosiologi bersifat rasional berarti metode yang digunakannya dapat dibuktikan secara logis dan nyata.

Sifat rasional ini juga diartikan bahwa sosiologi merupakan ilmu yang dapat dipertimbangkan dan diterima oleh akal manusia.

Berkaitan dengan hal ini, sosiologi juga bersifat empiris.

Dilansir dari buku Pengantar Sosiologi Pertanian (2022) oleh Frendly Albertus dkk, sosiologi bersifat empiris artinya sosiologi didasarkan pada observasi (pengamatan).

Observasi ini dilakukan terhadap kenyataan (realitas masyarakat) dan akal sehat. Dengan begitu, hasil observasinya tidak bersifat spekulatif atau hanya dugaan.

Kesimpulannya, sosiologi sebagai ilmu sosial yang bersifat rasional dan empiris berarti sosiologi merupakan ilmu yang menyandarkan pemikirannya pada logika, serta menggunakan observasi guna melihat realitas masyarakat agar hasilnya tidak spekulatif.

Baca juga: Mengapa Individu dan Masyarakat menjadi Bagian Penting dari Sosiologi?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com