Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja Obyek Kajian Sosiologi?

Kompas.com - 25/03/2021, 12:02 WIB
Silmi Nurul Utami,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sosiologi adalah salah satu cabang ilmu pengetahuan sosial. Namun tahukah kamu apa itu sosiologi?

Dilansir dari Departement of Sociology , sosiologi adalah ilmu yang mempelajari tentang kehidupan sosial, perubahan sosial, interaksi sosial, dan sebab akibat sosial dari perilaku manusia.

Manusia adalah makhluk sosial yang bergantung pada lingkungan dan sesamanya. Oleh karena itu sosiologi sangatlah penting dalam kehidupan manusia.

Sosiologi mempelajari semua aspek dalam semua lapisan masyarakan baik mikro maupun makro. Obyek kajian sosiologi terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Obyek material

Obyek kajian material adalah suatu materi yang memengaruhi kehidupan sosial. Obyek material dalam sosiologi berupa suatu materi yang ada dan terlihat dapat berupa benda maupun gagasan yang memengaruhi kehidupan dan interaksi sosial.

Baca juga: Komunitas dalam Perspektif Sosiologi

Obyek material dapat berupa suatu benda konkrit (fisik) seperti sekolah, lingkungan, negara, rumah, masjid, gereja, kota, sungai, komputer, senjata, mobil, rumah, daerah, dan benda-benda lainnya. Namun obyek material juga dapat berupa non fisik seperti ide, gagasan, bahasa, kebiasaan, kepercayaan, isyarat, nilai, norma, dan adat istiadat.

  • Obyek formal

Jika obyek material adalah kajian pada suatu materi fisik dan non fisik, maka obyek formal adalah interaksi yang terjadi di dalamnya. Obyek formal mempelajari bagaimana suatu interaksi atau hubungan terjadi dalam masyarakat sosial.

Obyek formal menekankan proses yang dialami manusia sebagai makhluk sosial. Dalam obyek formal dipelajari bagaimana hubungan antarmanusia secara individu, hubungan individu dengan kelompok, dan hubungan antarkelompok manusia.

Misalnya saat kita meneliti suatu kota kita dapat mengkaji obyek formal dan material secara sosiologi.

Mayoritas agama yang dianut masyarakat, adat istiadat yang berlaku dalam kota tersebut, upacara kebudayaan serta festival tahunan, arsitektur rumah penduduk, dan norma yang berlaku, serta cerita mitos berdasarkan kondisi geografisnya adalah contoh dari kajian obyek material.

Sedangkan contoh kajian obyek formal dalam suatu kota adalah proses kampanye dalam pemilu, interaksi antarpeduduk, kebebasan demokrasi, respons penduduk terhadap orang asing, cara penduduk mendidik anaknya, sanksi sosial yang terjadi, mayoritas pendidikan yang diberikan orang tua terhadap anak, dan interaksi antarindividu maupun kelompok dalam kota tersebut.

Baca juga: Kejahatan dalam Perspektif Sosiologi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com