Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis-jenis Gempa Bumi Berdasarkan Penyebabnya

Kompas.com - 01/04/2024, 09:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Gempa bumi adalah getaran atau guncangan di atas permukaan Bumi, akibat pelepasan energi dari dalam.

Dilansir dari situs BPBD Kota Semarang, gempa bumi adalah gejala alamiah berupa getaran atau guncangan di atas tanah, karena patahan atau aktivitas vulkanik.

Gempa bumi juga bisa terjadi karena ada hantaman benda langit, seperti meteor atau asteroid, bahkan ledakan bom akibat ulah manusia.

Apa saja jenis-jenis gempa bumi berdasarkan penyebabnya?

Baca juga: 3 Jenis Gempa Bumi Berdasarkan Kedalamannya

Jenis gempa bumi berdasarkan penyebabnya

Dikutip dari buku Ilmu Pendidikan Lingkungan (2022) oleh Gladies Mercya dan Amos Neolaka, gempa bumi dibedakan menjadi dua.

Berdasarkan kedalamannya, jenis gempa bumi dibedakan menjadi gempa bumi dalam, gempa bumi menengah, dan gempa bumi dangkal.

Sementara jenis gempa bumi berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi tiga, yaitu gempa vulkanik, gempa tektonik, serta gempa runtuhan.

Berikut penjelasannya:

  • Gempa vulkanik 

Menurut Mirza Desfandi dalam buku Kearifan Lokal SMONG dalam Konteks Pendidikan (2019), gempa vulkanik adalah gempa yang diakibatkan oleh aktivitas gunung berapi.

Jenis gempa bumi ini biasanya terjadi saat ada peningkatan aktivitas gunung berapi. Misal, Gunung Merapi yang akan erupsi, didahului dengan guncangan gempa.

Baca juga: Mengapa Bisa Terjadi Gempa Bumi?

  • Gempa tektonik 

Jenis gempa bumi berdasarkan penyebabnya ini, terjadi karena pergeseran lapisan kulit Bumi, yang disebabkan oleh pelepasan energi di zona penunjaman.

Beberapa contoh gempa tektonik, yakni gempa bumi yang melanda Palu pada 2018, dan gempa bumi yang menimpa Yogyakarta pada 2006.

  • Gempa runtuhan atau terban 

Adalah jenis gempa bumi yang disebabkan oleh tanah longsor, reruntuhan dalam gua, atau sejenisnya.

Berbeda dengan jenis-jenis gempa bumi berdasarkan penyebab lainnya, gempa runtuhan memiliki dampak yang jauh lebih minim atau kecil.

Baca juga: Proses Terjadinya Gempa Bumi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com