Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kualitas: Pengertian dan Perannya dalam Persaingan Usaha

Kompas.com - 03/11/2023, 04:00 WIB
Rahma Atillah,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan perusahaan, selain itu kepuasan pelanggan dapat menjadi alat bersaing bagi suatu perusahaan dalam menghadapi pesaingnya.

Kualitas menjadi salah satu komponen penting dalam kepuasan pelanggan, sebab kualitas merupakan representasi (ekspektasi) konsumen dengan apa yang dibuat produsen.

Baca juga: Pengertian dan Tingkatan Produk

Pengertian kualitas

Kualitas adalah keseluruhan ciri dan karakteristik produk atau jasa yang kemampuannya dapat memuaskan kebutuhan, baik dinyatakan secara tegas maupun tersamar.

Kualitas didefinisikan sebagai totalitas dari karakteristik suatu produk yang menunjang kemampuannya untuk memuaskan kebutuhan yang dispesifikasikan atau ditetapkan

Kualitas juga dapat diartikan sebagai tingkat baik atau buruknya suatu produk, atau tingkat yang menunjukkan serangkaian karakteristik yang melekat dan memenuhi kriteria tertentu.

Dalam dunia usaha, kualitas dianggap sebagai segala sesuatu yang mampu memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan, atau kesesuaian antara kebutuhan pelanggan dan penawaran pihak perusahaan.

Konsep kualitas harus bersifat menyeluruh, baik dari produk maupun prosesnya. Di mana kualitas produk meliputi kualitas bahan baku dan barang jadi, sedangkan kualitas proses mencakup dengan proses produksinya.

Baca juga: 8 Dimensi Kualitas Produk Wirausaha

Peran kualitas dalam persaingan usaha

Pemasaran tentu tidak luput dari unsur persaingan, di mana persaingan usaha adalah kondisi antara kedua belah pihak yang berusaha saling mengungguli dalam suatu usaha.

Untuk mencapai keunggulan dalam bersaing, maka seorang wiarausaha harus mampu mengenali berbagai unsur dasar, dan salah satu unsur tersebut adalah kualitas.

Kualitas merupakan salah satu faktor penting dalam dunia bisnis, di mana baik dan buruknya kinerja suatu perusahaan dapat diukur dari kualitas barang atau jasa yang dihasilkan.

Bagi perusahaan, menghadirkan kualitas adalah hal mendasar. Artinya, kualitas adalah hal pertama yang dilakukan untuk memenangkan persaingan.

Maka dari itu, kualitas memiliki peran yang penting dalam persaingan usaha. Sebab, faktor utama yang menentukan kinerja suatu perusahaan adalah kualitas barang dan jasa yang dihasilkan.

Baca juga: Pasar Monopolistik: Persaingan Bukan Harga

Kualitas memiliki dampak langsung terhadap kinerja suatu produk dan jasa, oleh karena itu kualitas juga berhubungan erat dengan persaingan usaha.

Persaingan dalam dunia bisnis secara langsung maupun tidak langsung akan mendorong para wirausaha untuk berusaha meningkatkan kualitas produknya agar dapat bersaing dan unggul dari pada yang lain.

Selain itu, kualitas adalah titik temu antara kebutuhan konsumen dengan tujuan perusahaan. Dengan kata lain, perusahaan yang memenangkan persaingan adalah perusahaan yang konsisten meningkatkan kualitas bagi pelanggannya.

Dengan kualitas yang baik, maka pelanggan pun akan memberikan uangnya, kepercayaannya, loyalitasnya, serta komitmennya terhadap suatu produk.

Maka dari itu perusahaan harus terus meningkatkan kualitas produk jasanya, sebab dengan kualitas yang baik tentu akan memengaruhi minat pelanggan

Baca juga: Jenis Alat Pemuas Kebutuhan Berdasarkan Kualitas, Jaminan, dan Wujudnya

Referensi:

  • Dorothea Wahyu Ariani. 2020. Manajemen Kualitas (Edisi 2). Tangerang: Universitas Terbuka.
  • Meithiana Indrasari. 2019. Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
  • Rosnaini Daga. 2017. Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan. Gowa: Global Research and Consulting Institute.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com