Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian dan Tingkatan Produk

Kompas.com - 18/10/2023, 01:00 WIB
Arfianti Wijaya,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Hasil produksi barang atau jasa oleh suatu perusaan disebut sebagai produk.

Produk mempunyai arti penting bagi perusahaan karena tanpa adanya produk, perusahaan tidak dapat melakukan apa pun dari usahanya.

Pengertian produk

Produk adalah barang atau jasa yang dibuat dan ditambah nilai gunanya dalam proses produksi dan menjadi hasil akhir dari proses produksi tersebut.

Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan ke dalam pasar untuk dipakai, dikonsumsi, diperhatikan, atau dimiliki sehingga dapat memenuhi kebutuhan.

Produk juga merupakan pemahaman subyektif dari produsen atas sesuatu yang dapat ditawarkan sebagai usaha guna mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sesuai dengan kompetensi, kapasitas organisasi, dan daya belinya.

Baca juga: Pengertian Produk Menurut Ahli

Tingkatan produk

Sebutkan dan jelaskan lima tingkatan produk!

Terdapat lima tingkatan produk, yaitu core benefit, basic product, expected product, augmented product, dan potential product.

Berikut penjelasannya:

Core benefit

Sebuah produk akan menghasilkan beberapa manfaat sebenarnya yang dibutuhkan dan akan dikonsumsi dari pelanggan dari setiap produk adalah core benefit atau produk inti/utama.

Dengan kata lain, core benefit adalah manfaat dari suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Contoh core benefit adalah laundry pada dasarnya mempunyai manfaat untuk membantu seseorang meringankan beban mencuci pakaian sampai bersih dan siap dipakai kembali, yaitu dengan mencuci dan menyetrika pakaian tersebut.

Basic product

Basic product adalah bentuk dasar dari suatu produk yang dapat dirasakan oleh pancaindra.

Contoh basic product adalah produk dasar yang disediakan guna menunjang manfaat inti, seperti detergen, mesin cuci, setrika, pelembut pakaian, pewangi, dan tempat untuk mengeringkan pakaian.

Baca juga: Mengenal Klasifikasi Produk

Expected product

Expected product adalah serangkaian atribut-atribut produk beserta kondisi-kondisi yang diharapkan pembeli ketika membeli produk.

Contoh expected product adalah pelanggan mengharapkan pelayanan yang jujur dan ramah, keadaan toko yang bersih dan nyaman, kualitas tinggi dengan harga yang murah, dan kecepatan dalam penyelesaian laundry.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com