Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengertian dan Tingkatan Produk

KOMPAS.com – Hasil produksi barang atau jasa oleh suatu perusaan disebut sebagai produk.

Produk mempunyai arti penting bagi perusahaan karena tanpa adanya produk, perusahaan tidak dapat melakukan apa pun dari usahanya.

Pengertian produk

Produk adalah barang atau jasa yang dibuat dan ditambah nilai gunanya dalam proses produksi dan menjadi hasil akhir dari proses produksi tersebut.

Produk merupakan sesuatu yang dapat ditawarkan ke dalam pasar untuk dipakai, dikonsumsi, diperhatikan, atau dimiliki sehingga dapat memenuhi kebutuhan.

Produk juga merupakan pemahaman subyektif dari produsen atas sesuatu yang dapat ditawarkan sebagai usaha guna mencapai tujuan organisasi melalui pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen, sesuai dengan kompetensi, kapasitas organisasi, dan daya belinya.

Tingkatan produk

Sebutkan dan jelaskan lima tingkatan produk!

Terdapat lima tingkatan produk, yaitu core benefit, basic product, expected product, augmented product, dan potential product.

Berikut penjelasannya:

Core benefit

Sebuah produk akan menghasilkan beberapa manfaat sebenarnya yang dibutuhkan dan akan dikonsumsi dari pelanggan dari setiap produk adalah core benefit atau produk inti/utama.

Dengan kata lain, core benefit adalah manfaat dari suatu produk yang ditawarkan kepada konsumen.

Contoh core benefit adalah laundry pada dasarnya mempunyai manfaat untuk membantu seseorang meringankan beban mencuci pakaian sampai bersih dan siap dipakai kembali, yaitu dengan mencuci dan menyetrika pakaian tersebut.

Basic product

Basic product adalah bentuk dasar dari suatu produk yang dapat dirasakan oleh pancaindra.

Contoh basic product adalah produk dasar yang disediakan guna menunjang manfaat inti, seperti detergen, mesin cuci, setrika, pelembut pakaian, pewangi, dan tempat untuk mengeringkan pakaian.

Expected product

Expected product adalah serangkaian atribut-atribut produk beserta kondisi-kondisi yang diharapkan pembeli ketika membeli produk.

Contoh expected product adalah pelanggan mengharapkan pelayanan yang jujur dan ramah, keadaan toko yang bersih dan nyaman, kualitas tinggi dengan harga yang murah, dan kecepatan dalam penyelesaian laundry.

Augmented product

Berbagai atribut produk yang dilengkapi dengan berbagai manfaat ataupun layanan sehingga dapat menambah kepuasan pelanggan dan membedakannya dengan produk lain disebut augmented product atau produk pelengkap.

Dengan kata lain, augmented product adalah pembeda antara produk yang ditawarkan oleh suatu badan usaha dengan produk dari badan usaha yang lain.

Contoh augmented product adalah tersedia pilihan menu dalam penyelesaian laundry, seperti kilat (selesai dalam hitungan jam) dan biasa (selesai dalam hitungan hari), adanya pesan antar laundry, sofa untuk pelanggan menunggu sambil beristirahat, dan AC supaya pelanggan lebih nyaman.

Potential product

Segala macam tambahan beserta perubahan yang mungkin dikembangkan untuk suatu produk pada masa yang akan datang disebut potential product atau produk potensial.

Potential product adalah semua argumentasi dan perubahan bentuk yang dialami oleh suatu produk pada masa depan.

Contoh potential product adalah kartu member yang memberikan diskon gratis satu produk setiap sepuluh kali laundry dan jaminan dari pihak laundry jika ada kehilangan atau kerusakan pakaian maka akan diganti sesuai dengan harga pakaian.

Referensi:

  • Firmansyah, A. (2023). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). Penerbit Qiara Media.
  • Sulistiyawan, E. & Alam, W. Y. (2023). Marketing Strategies. CV. Pena Persada.

https://www.kompas.com/skola/read/2023/10/18/010000169/pengertian-dan-tingkatan-produk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke