Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa yang Dimaksud Sudut?

Kompas.com - 30/05/2024, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Sudut biasanya kita jumpai dalam mata pelajaran matematika. Sering juga istilah sudut kita kenal lewat pelajaran geografi, fisika, atau sejenisnya.

Apa yang dimaksud sudut?

Pengertian sudut

Sederhananya, sudut adalah daerah yang dibatasi oleh dua sinar garis, di mana keduanya bertemu di salah satu pangkalnya.

Menurut Melisa, dkk dalam Buku Ajar Matematika SD Kelas Tinggi (2021), sudut adalah bangun geometri yang dibentuk oleh dua sinar garis dengan titik pangkal yang berimpit.

Baca juga: Sudut Istimewa pada Trigonometri

Bisa juga diartikan bahwa sudut adalah bentukan sinar yang diputar, sehingga ukurannya turut ditentukan oleh besarnya putaran yang terjadi.

Ukuran sudut dinyatakan dalam derajat (º) juga satuan radian.

Jadi, apa yang dimaksud sudut? Sudut adalah daerah atau bangun geometri yang terbentuk dan dibatasi oleh dua sinar garis.

Contoh sudut

Dikutip dari buku Belajar Matematika (2012) oleh Abadiyaturohmah, sudut siku-siku merupakan salah satu contoh sudut.

Sudut ini terbentuk saat dua buah garis saling tegak lurus. Perpotongan kedua garisnya akan membentuk sudut, baik pada pangkalnya maupun tidak.

Baca juga: Soal Sudut Istimewa Trigonometri

Contoh sudut yang kedua adalah sudut lurus atau sudut setengah putaran. Jika satu lingkaran penuh memiliki sudut putaran, ukuran setengah lingkaran memiliki sudut lurus.

Sudut lancip adalah contoh sudut lainnya. Terbentuk saat ada perpotongan dua garis yang besaran sudutnya lebih kecil dari besar sudut siku-siku.

Beberapa contoh sudut lancip adalah sudut 30º, sudut 45º, dan sudut 50º.

Terakhir, ada sudut tumpul. Adalah sudut yang terbentuk karena perpotongan dua garis yang besarnya, melebihi sudut siku-siku, yakni antara 90º hingga 180º.

Contoh sudut tumpul, antara lain sudut 120º, sudut 150º, serta sudut 135º.

Jadi, empat contoh sudut adalah sudut siku-siku, sudut lurus (sudut setengah lingkaran), sudut lancip, serta sudut tumpul.

Baca juga: Soal Trigonometri Tentang Hubungan Perbandingan Sudut

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com