Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan dan Kekurangan Diferensiasi Produk

Kompas.com - 25/08/2023, 20:30 WIB
Serafica Gischa

Editor

Oleh: Rina Kastori, Guru SMP Negeri 7 Muaro Jambi, Provinsi Jambi 

 

KOMPAS.com - Dilansir dari buku Modul Pendamping Kewirausahaan (2020) oleh Ani Restuningsih dan kawan-kawan, Kotler dan Keller mengatakan diferensiasi produk adalah serangkaian perbedaan untuk membedakan tawaran perusahaan dengan tawaran pesaing. 

Disadur dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, keunggulan dan kekurangan strategi diferensiasi produk adalah: 

Kelebihan diferensiasi produk

Kelebihan atau keunggulan strategi diferensiasi, sebagai berikut: 

  • Diferensiasi akan memperpanjang siklus hidup produk 

Suatu produk pasti akan mengalami siklus decline atau penurunan. Sebelum terjadi penurunan di dalam pemasaran produk atau jasa kita, perlu dilakukan diferensiasi supaya penjualan di dalam pemasaran kita meningkat kembali.

  • Diferensiasi akan membuat produk atau jasa kita lebih diingat oleh konsumen

Perbedaan yang ada pada produk maupun jasa kita, akan membuat konsumen lebih mudah untuk mengingat produk atau jasa yang kita pasarkan karena adanya point of interest yang kita miliki, yaitu keunikan yang tidak dimiliki oleh produk atau jasa yang lain.

Baca juga: Indikator Diferensiasi Produk dan Metodenya

Kekurangan diferensiasi produk

Kekurangan strategi diferensiasi, di antaranya: 

  • Sangat mudah disaingi kompetitor 

Sekiranya pembeli tidak melihat keunikan yang signifikan pada barang tersebut, strategi diferensiasi amat dengan mudah dapat ditandingi oleh strategi harga murah. 

Diferensiasi gagal menimbulkan efek perbaikan kualitatif bagi pembeli barang tersebut, misalnya pada peningkatan status. 

Manajemen tidak mampu mendeteksi kebutuhan riil konsumen. Dalam hal ini, biasanya manajemen hanya memberikan tekanan pada atribut pokok produk yang berwujud saja.

  • Tidak menghasilkan keuntungan jika imitasi mudah dilakukan kompetitor

Strategi diferensiasi tak hendak menghasilkan keuntungan yang optimum jika imitasi terhadap barang tersebut dapat dengan mudah dan cepat dilakukan. Dengan demikian, diferensiasi hampir selalu menuntut keunikan yang berkelanjutan yang berjangka relatif panjang.

  • Risiko inheren

Strategi diferensiasi juga mengandung risiko yang inheren terhadap kemungkinan kecilnya pangsa pasar yang dikuasai. Karakteristik barang dan tingginya harga menjadikan terbatasnya pasar sasaran.

Risiko inheren (melekat/bawaan) adalah kelalaian dalam laporan keuangan yang disebabkan oleh tidak optimalnya pengendalian internal.

  • Tidak muda diterapkan pada persaingan harga yang berbeda jauh

Strategi diferensiasi juga tidak mudah diterapkan jika perbedaan antara harga premium yang ditawarkan dengan harga barang pesaing yang menggunakan strategi keunggulan biaya terendah terlampau jauh. 

Pembeli bukan tidak mungkin bersedia kehilangan kepuasan karena memutuskan tak membeli barang yang terdiferensiasi sebagai akibat kemungkinan penghematan yang bisa dilakukan karena membeli barang lain yang jauh lebih murah.

Kesalahan ini lebih mudah terjadi karena perusahaan melakukan diferensiasi secara berlebihan.

Baca juga: Diferensiasi Produk: Pengertian, Risiko, dan Syarat Keberhasilan

 

 

Suka baca tulisan-tulisan seperti ini? Bantu kami meningkatkan kualitas dengan mengisi survei Manfaat Kolom Skola

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com